Penyelesaian Pembagian Harta Warian menurut Hukum Adat Daerah Manggarai di Kampung Nengkem, Desa Golowatu, Kecamatan Wae Ri'i

Detail Cantuman

Skripsi

Penyelesaian Pembagian Harta Warian menurut Hukum Adat Daerah Manggarai di Kampung Nengkem, Desa Golowatu, Kecamatan Wae Ri'i

XML

Hukum waris adat di Indonesia bersifat pluralistic disebabkan oleh karena sistem garis keturunan yang berbeda-beda dan sangat dipengaruhi oleh bentuk kekerabatan dari masyarakat itu sendiri, setiap kekerabatan atau kekeluargaan memiliki sistem hukum waris sendiri-sendiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah sistem pembagian warisan menurut hukum waris adat Daerah Manggarai? (2) Bagaimanakah mekanisme penyelesaian pembagian harta warisan dalam hukum waris di masyarakat adat Manggarai, khususnya Kampung Nengkem, Desa Golowatu, Kecamatan Wae Ri’i?
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (penelitian hukum sosiologis) dan dilaksanakan di Kampung Nengkem, Deda Golowatu, Kecamatan Wae Ri’i. Selain itu, penulis juga mewawancarai pihak–pihak yang berkaitan langsung dengan masalah yang dibahas, guna mengetahui penyelesaian pembagian harta warisan menurut hukum adat daerah Manggarai, khususnya sengketa yang terjadi di Kampung Nengkem, Desa Golowatu, Kecamatan Wae Ri’i.
Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Sistem pembagian warisan yang digunakan oleh masyarakat adat Manggarai dalam pembagian harta warisan adalah sistem kekerabatan patrilineal, (2) Mekanisme penyelesaian pembagian harta warisan melalui budaya lonto leok atau musyawarah, mempunyai cara sendiri dalam menyelesaikan hubungan hukum yang ditimbulkan, kedudukan anak perempuan dan laki-laki dalam pembagian harta warisan, sudah diketahui sejak mereka dilahirkan.
Skripsi ini dijadikan pelajaran untuk semua masyarakat, khususnya masyarakat adat Manggarai agar dapat mempercayai dan mendukung peran-peran tua adat dalam hal penyelesaian sengketa waris dan diharapkan bagi pemerintah sebaiknya perlu mengeluarkan kebijakan untuk mengembangkan dan mengkodifikasi hukum adat sebagai hukum nasional terutama hukum adat dalam pembagian harta warisan.

Kata Kunci: Sistem Pembagian Warisan, Hukum Adat, Mekanisme Penyelesaian.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MARIA MATILDIS JEMAMUT - Personal Name
Student ID
1902010073
Dosen Pembimbing
SUKARDAN ALOYSIUS - 195909061986011001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Sukardan Aloysius - 195909061986011001 - Penguji 1
Husni Kusuma Dinata - 197409142005011002 - Penguji 1
Helsina Fransiska Pello - 197912212005012002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
ILMU HUKUM
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
74201 MUT P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA