IMPLEMENTASI KEBIJAKAN REVITALISASI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) DI KABUPATEN KUPANG

Detail Cantuman

Tesis

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN REVITALISASI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) DI KABUPATEN KUPANG

XML

Tujuan: mendeskripsikan dan menganalisis implementasi Kebijakan Revitalisasi SMK di Kabupaten Kupang serta Mengkonstruksikan hambatan pelaksanaan Inpres tentang Revitalisasi SMK di Kabupaten Kupang.
Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif di 10 Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK )di Kabupaten Kupang terkait implementasi Kebijakan Revitalisasi SMK di Kabupaten Kupang. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan Kepala Bidang DIKMEN, Bagian Kurikulum Dinas P dan K Provinsi NTT dan Kepala Sekolah SMK di Kabupaten Kupang dengan menggunakan teori George Edwards III. Hasil:
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Kebijakan revitalisasi SMK diKabupaten Kupang berdasarkan teori George Edwards III, menunjukan masih perlu diberikan perhatian khusus terkait Implementasi kebijakan ini, disetiap lini masih banyak hambatan baik internal maupun eksternal. Hambatan terkait komunikasi yang belum maksimal, sumber daya yang minim ( sumber daya manusia , sumber daya anggaran dan sarana prasaran ), implementor yang belum sepenuhnya memaknai akan kebijakan ini serta struktur birokrasi yang belum berjalan dengan baik dalam menggerakan kebijakan tersebut membuat Implementasi Kebijakan Revitalisasi SMK diKabupaten Kupang masih perlu di tingkatkan.
Kesimpulan: Kebijakan revitalisasi SMK merupakan solusi yang efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan vokasional dikabupaten Kupang. Oleh karena itu penelitian ini merekomendasikan bahwa pemerintah harus terus mendorong program revitalisasi SMK diKabupaten Kupang dan meningkatkan kerjasama antara SMK dengan industri dan lembaga pendidikan lainnya untuk mencapai tujuan yang lebih baik dalam mendukung pembangunan sumber daya manusia di Indonesia. Menjalin komunikasi lewat koordinasi dan komunikasi secara masih demi terlaksananya Revitalisasi SMK diKabupaten Kupang.

Kata Kunci : Implementasi, Kebijakan, Revitalisasi, SMK


Detail Information

Item Type
Tesis
Penulis
Alfan Better Days Dethan - Personal Name
Student ID
2111020012
Dosen Pembimbing
Willam Djani - 196410141989011001 - Dosen Pembimbing 1
David B.W.Pandie - 196410141989011001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Petrus Kase - 196208091988031002 - Ketua Penguji
Hendrik Toda - 198312042009121005 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
63001
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
63.101 Det I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA