Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Dendeng Kabupaten Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Dendeng Kabupaten Kupang

XML

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang pembelajaran 2 subtema 3 tema 5 melalui penerapan model Problem Based Learning kelas V SDN Dendeng Kabupaten Kupang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Dendeng Kabupaten Kupang dengan subjek penelitian peserta didik kelas V SD Negeri Dendeng Kabupaten Kupang yang berjumlah 20 orang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik tes dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan pencapaian ketuntasan belajar siswa pada siklus I 11 orang yang tuntas (55%) dengan nilai rata-rata kelas 61,25% dan presentase pada kategori baik sekali sebesar 10%. Hal ini disebabkan karena guru lebih menggunakan metode ceramah dan belum menguasai kelas dengan baik. Siklus II yang tuntas 17 orang (85%) dengan nilai rata-rata kelas 81% dan presentase pada baik sekali meningkat yakni sebesar 85%. Hal ini disebabkan karena penerapan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan guru maupun siswa dalam proses pembelajaran. Dengan demikian keaktifan guru dan siswa serta hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Adapun peningkatan lain yang terjadi yaitu hasil observasi keaktifan aktivitas guru dan observasi aktivitas siswa yang meningkat dari siklus I ke siklus II. Hal ini disebabkan karena adanya penggunaan model pembelajaran yang melibatkan guru maupun siswa aktif pada saat proses pembelajaran berlangsung. Dari hasil penelitian di atas, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belaajar siswa.

Kata kunci : Meningkatkan, Model Problem Based Learning, Hasil belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
LELY OEMATAN - Personal Name
Student ID
1901140232
Dosen Pembimbing
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Ketua Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Penguji 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 OEM P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA