Skripsi
Penerapan Model Discovery Learning Pada Materi Tentang Bentuk Interaksi Manusia Dengan Lingkungan Dan Pengaruhnya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas V SD Inpres Oesapa Kota Kupang
XMLSkripsi oleh Nicken Melinda Anin NIM. 1901140220 Skripsi ini berjudul “Penerapan Model Discovery Learning Pada Materi Tentang Bentuk Interaksi Manusia Dengan Lingkungan Dan Pengaruhnya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas V SD Inpres Oesapa Kota Kupang” Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan model discovery learning dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar kelas V dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan penerapan model discovery learning pada tema 6 subtema 1 pembalajarn 3 kelas V SD Inpres Oesapa. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yakni observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yakni kuantitatif dan kualitatif dengan subjek 20 orang dengan rincian siswa laki-laki 11 orang dan siswa perempuan 9 orang.
Penelitian ini diadakan di SD Inpres Oesapa Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang, dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, dari 20 siswa sebanyak 12 siswa yang tuntas (60%) karena siswa memperhatikan penjelasan guru dengan baik, bekerja sama dengan teman kelompok, dan tidak menganggu teman. 8 siswa lainnya (40%) belum mencapai standar ketuntasan karena tidak memperhatikan penjelasan guru, menganggu teman saat belajar, dan tidak mau bekerja sama dengan teman kelompok. Ada beberapa hal yang menjadi kekurangan guru pada siklus I yakni guru belum mampu memberikan penjelasan tentang materi bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya serta memberikan contoh secara real, guru kurang mempersiapkan siswa dalam melakukan pengamatan, dan guru juga belum nampak memberikan kesimpulan mengenai materi yang di pelajari. Selanjutnya pada siklus II hasil belajar siswa meningkat, yakni dari 20 siswa terdapat 16 siswa tuntas (80%) karena selalu memperhatikan penjelasan guru dengan baik, bekerja sama dengan teman kelompok, dan tidak menganggu teman. Sedangkan 4 siswa lainnya belum tuntas (20%) karena masih kurang memperhatikan penjelasan guru, menganggu teman saat belajar dan tidak mau bekerja sama dengan teman kelompok. Adapun kelebihan guru pada siklus II yakni guru sudah mampu menguasai kelas, mengelola dan mengatur kegiatan pembelajaran dengan baik sesuai model Discovery Learning dalam pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa dalam penerapan model discovery learning dalam pembelajaran tentang bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal yang diharapkan peneliti.
Kata kunci : model discovery learning; hasil belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
NICKEN MELINDA ANIN - Personal Name
|
Student ID |
1901140220
|
Dosen Pembimbing |
Maxel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 1 Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 ANI P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |