Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung Menggunakan Model Cooperative Script pada Siswa Kelas IV UPTD SD Inpres Mokdale

Detail Cantuman

Skripsi

Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung Menggunakan Model Cooperative Script pada Siswa Kelas IV UPTD SD Inpres Mokdale

XML

Rumusan masalah “Bagaimana meningkatkan kemampuan mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung menggunakan model Cooperative Script pada siswa kelas IV UPTD SD Inpres Mokdale. Tujuan untuk mengetahui penggunaan model Cooperative Script pada pembelajaran Bahasa Indonesia tentang gagasan pokok dan gagasan pendukung siswa kelas IV UPTD SD Inpres Mokdale. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu Deskriptif kualitatif dengan mencari dari data yang telah dikumpulkan kemudian diklasifikasikan kedalam perumusan yang telah ditetapkan.
Penelitian tentang Peningkatan kemampuan mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung menggunakan model Cooperative Script pada siswa kelas IV UPTD SD Inpres Mokdale ini telah dilaksanakan dibuktikan dari data hasil penelitian yang diperoleh yaitu pada siklus I hasil observasi siswa sebesar 50%, dan untuk siklus II sebesar 100%. Observasi guru pada siklus I sebesar 77,08% dan untuk siklus II sebesar 93,05%. Hasil tes siswa siklus I mendapatkan persentase kentutasan sebesar 56% dan siklus II sebesar 95%. Ketidakberhasilan belajar siswa dipengaruhi oleh faktor kurangnya media pembelajaran, materi tentang gagasan pokok, dan siswa yang tidak fokus dalam pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia tentang gagasan pokok dan gagasan pendukung menggunakan model Cooperative Script di kelas IV UPTD SD Inpres Mokdale dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal ini terbukti adanya peningkatan pada siklus II dengan demikian pembelajaran pembelajaran melalui model Cooperative
Script efektif.
Kata Kunci : Cooperative Script, Peningkatan Kemampuan


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
INTAN ELISAH DAE PANIE - Personal Name
Student ID
1801140076
Dosen Pembimbing
Sarah Nurhabibah, S.Pd., M.Pd - 19941127 201903 2 024 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dra. Margaritha M. Karus, M.Pd - 196210141990032001 - Ketua Penguji
Sarah Nurhabibah, S.Pd, M.Pd NIP.19941127 201903 2 024 - - Penguji 1
Dr. Labu Djuli, M.Hum - 196207031990031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 PAN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA