Skripsi
Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung Menggunakan Model Cooperative Script pada Siswa Kelas IV UPTD SD Inpres Mokdale
XMLRumusan masalah “Bagaimana meningkatkan kemampuan mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung menggunakan model Cooperative Script pada siswa kelas IV UPTD SD Inpres Mokdale. Tujuan untuk mengetahui penggunaan model Cooperative Script pada pembelajaran Bahasa Indonesia tentang gagasan pokok dan gagasan pendukung siswa kelas IV UPTD SD Inpres Mokdale. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu Deskriptif kualitatif dengan mencari dari data yang telah dikumpulkan kemudian diklasifikasikan kedalam perumusan yang telah ditetapkan.
Penelitian tentang Peningkatan kemampuan mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung menggunakan model Cooperative Script pada siswa kelas IV UPTD SD Inpres Mokdale ini telah dilaksanakan dibuktikan dari data hasil penelitian yang diperoleh yaitu pada siklus I hasil observasi siswa sebesar 50%, dan untuk siklus II sebesar 100%. Observasi guru pada siklus I sebesar 77,08% dan untuk siklus II sebesar 93,05%. Hasil tes siswa siklus I mendapatkan persentase kentutasan sebesar 56% dan siklus II sebesar 95%. Ketidakberhasilan belajar siswa dipengaruhi oleh faktor kurangnya media pembelajaran, materi tentang gagasan pokok, dan siswa yang tidak fokus dalam pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia tentang gagasan pokok dan gagasan pendukung menggunakan model Cooperative Script di kelas IV UPTD SD Inpres Mokdale dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal ini terbukti adanya peningkatan pada siklus II dengan demikian pembelajaran pembelajaran melalui model Cooperative
Script efektif.
Kata Kunci : Cooperative Script, Peningkatan Kemampuan
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
INTAN ELISAH DAE PANIE - Personal Name
|
Student ID |
1801140076
|
Dosen Pembimbing |
Sarah Nurhabibah, S.Pd., M.Pd - 19941127 201903 2 024 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
Dra. Margaritha M. Karus, M.Pd - 196210141990032001 - Ketua Penguji
Sarah Nurhabibah, S.Pd, M.Pd NIP.19941127 201903 2 024 - - Penguji 1 Dr. Labu Djuli, M.Hum - 196207031990031002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 PAN P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |