Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Ekosistem Melalui Model Problem Solving BerbantuanMedia Audio Visual Di Kelas V SDK Don Bosko 1 Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Ekosistem Melalui Model Problem Solving BerbantuanMedia Audio Visual Di Kelas V SDK Don Bosko 1 Kota Kupang

XML

Skripsi oleh Marfoni Lulu NIM. 1901140296 dengan judul “Peningkatan Hasil Belajar Siswa tentang Ekosistem melalui Model Problem Solving berbantuan Media Audio Visual Di Kelas V SDK Don Bosko 1 Kota Kupang”. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa tentang ekosistem melalui model problem solving berbantuan media audio visual dikelas V SDK Don Bosko 1 Kota Kupang? Dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDK Don Bosko 1 Kota Kupang dengan menggunakan model problem solving dalam pembelajaran tentang ekosistem yakni tentang daur hidup hewan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yaituteknik obsevasi, tes, dan dokumentasi subjek dalam penelitian ini berjumlah 23 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif.
Penelitian ini dilaksanakan di SDK Don Bosko 1 Kota Kupang dengan hasil penelitian menunjukan bahwa pada .siklus I dari23 siswa terdapat 17 siswa (74%) tuntas karena memperhatikan penjelasan guru dengan baik, menyelesaikan pekerjaan kelompok tidak mengganggu teman lain, mampu menjawab pertanyaan yang diberikan guru, serta dapat mengerjakan soal tes dengan baik sedangkan 6 siswa (26%) berdasarkan pengamatan dan tes dinyatakan belum tuntas karena suka bermain, mengganggu teman lain, tidak memperhatikan penjelasan guru, dan tidak mengerjakan soal tes dengan baik. Hal ini juga dikarenakan guru kurang menguasai kelas sehingga guru perlu memaksimalkan kemampuannya dengan membimbing siswa dan dapat mengalokasikan waktu agar suasana belajar menjadi kondusif dan hasil belajar dapat tercapai secara maksimal. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan dari 23 siswa semuanya tuntas (100%) karena memperhatikan penjelasan guru dengan baik, mampu menyampaikan hasil diskusi dengan tepat, mampu memahami materi yang diajarkan, serta dapat menyelesaikan soal tes dengan baik.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model problem solving berbantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDK Don Bosko 1 Kota Kupang tentang Ekosistem terkususnya tentang daur hidup hewan.

Kata Kunci : Model Problem solving, Ekosistem, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MARFONI LULU - Personal Name
Student ID
1901140296
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 LUL P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA