Dampak Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) Terhadap Penanggulangan Kemiskinan (Studi di Desa Pong Lengor, Kecamatan Rahong Utara, Kabupaten Manggarai)

Detail Cantuman

Skripsi

Dampak Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) Terhadap Penanggulangan Kemiskinan (Studi di Desa Pong Lengor, Kecamatan Rahong Utara, Kabupaten Manggarai)

XML

Judul Skripsi adalah Dampak Dampak Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) Terhadap Penangulangan Kemiskinan (Studi di Desa Pong Lengor, Kecamatan Rahong Utara, Kabupaten Manggarai). Untuk mengatasi masalah kemiskinan yang ada pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk menanggulanginya salah satunya yaitu dengan diadakannya Program Keluarga Harapan (PKH). PKH sendiri sudah ada di Desa Pong Lengor sejak tahun 2012. Setelah adanya bantuan PKH ini masyarakat merasa terbantu, terutama dalam memenuhi biaya keperluan sekolah dan kesehatan serta menambah biaya belanja kebutuhan pokok sehari-hari. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Dampak Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) dalam meningkatkan kesejahteraan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH, dan Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan Program Keluarga Harapan sehingga berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Dampak Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) dalam meningkatkan kesejahteraan Keluarga Penerima Manfaat serta mendeskrpisikan dan menganalisis Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan Program Keluarga Harapan sehingga berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan Keluarga Penerima Manfaat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Kesejahteraan Sosial. Metode yang digunakan ialah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 14 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada dua dampak yang ditimbulkan dengan adanya PKH di Desa Pong Lengor yakni dampak positifnya adalah Mengurangi Beban Pengeluaran Dan Meningkatkan Pendapatan, Meningkatkan Pendidikan, Meningkatkan Kesehatan, dan Mengubah perilaku dan kemandirian KPM sedangkan dampak negatifnya yaitu Adanya Ketergantungan masyarakat terhadap bantuan PKH, selain itu ada juga faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan PKH di Desa Pong Lengor yakni Sumber daya financial, koordinasi., Peran Dari Pendamping PKH, Partisipasi Keluarga Penerima Manfaat sedangkan factor penghambatnya adalah adanya kecemburuan social dari masyarakat yang tidak menerima bantuan PKH. Kesimpulan dengan adanya PKH di Desa Pong Lengor sangat memberikan dampak yang baik untuk kesejahteraan KPM di Desa Pong Lengor meskipun ada sebagian masyarakat yang salah dalam menggunakan dana bantuan PKH tersebut. Saran, Untuk keluarga penerima manfaat, agar terus mengembangkan pengetahuannya dalam mendidik anak, mengelola keuangan, dan berfikir maju agar bisa membuka usaha Bersama di Desa Pong Lengor sehingga tidak selalu bergantunng dengan bantuan PKH.

Kata kunci : PKH Implemnetasi, Kesejahteraan sosial


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Petrus Renaldi Wanggur - Personal Name
Student ID
1803030076
Dosen Pembimbing
SUSANA C L PELLU - 197110222005012001 - Dosen Pembimbing 1
IMANTA I PERANGINANGIN - 197408142005011002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Susana C L Pellu - 197110222005012001 - Ketua Penguji
Imanta I Peranginangin - 197408142005011002 - Penguji 1
Lenny Sofia Bire Manoe - 198009152005012003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Gur D
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA