Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Globalisasi Di Sekitarku Di Kelas VI SD Negeri Kelapa Lima Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Globalisasi Di Sekitarku Di Kelas VI SD Negeri Kelapa Lima Kota Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh yang signifikan antara Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing terhadap hasil belajar siswa tentang Globalisasi disekitarku di kelas VI SD Negeri Kelapa Lima Kota Kupang, dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini, teknik observasi, teknik tes dan studi dokumentasi yang berhubungan dengan hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang dugunakan yakni analisis deskriptif kuantitatif dengan jumlah responden yang diteliti 54 orang, terdiri dari 25 laki-laki dan perempuan 29 orang Penelitian ini diadakan di SD Negeri Kelapa Lima, Kota Kupang, Kecamatan Kelapa Lima. Hasil analisis data statistik menunjukkan bahwa pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dari instrument penelitian setiap item soal valid karena nilai rhitung > nilai rtabel dan reliabel. Karena nilai cronbach alpha 0,814 masuk dalam kategori reliabilitas tingkat tinggi, tingkat kesukaran soal masuk dalam kategori mudah, sedang, dan sukar, daya pembeda soal masuk dalam kategori baik sekali dan baik serta berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan uji normalitas, didapatkan hasil bahwa nilai terhadap hasil belajar pretest dan posttest pada semua aspek terdistribusi normal. Hasil analisis deskriptif menujukan bahwa rata-rata nilai kemampuan siswa yang dibelajarkan dengan model Inquiry Terbimbing memperoleh skor rata-rata sebesar 81,85, sedangkan rata-rata nilai kemampuan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional sebesar 70,18. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Inquiry Terbimbing memiliki pengaruh yang lebih baik dari model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa.
Kata kunci : Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
RAHMAT RIZAL BUNIAMIN - Personal Name
Student ID
1901140308
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 1
Antonius Suban Hali - 197809172009121004 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 BUN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA