MIGRASI ORANG MAKASAR DI KABUPATEN SIKKA (STUDI KASUS PADA ORANG MAKASAR (TAKALAR) KE DESA PAGA KECAMATAN PAGA KABUPATEN SIKKA)

Detail Cantuman

Skripsi

MIGRASI ORANG MAKASAR DI KABUPATEN SIKKA (STUDI KASUS PADA ORANG MAKASAR (TAKALAR) KE DESA PAGA KECAMATAN PAGA KABUPATEN SIKKA)

XML

Penelitian ini berjudul” Migrasi Orang Makasar Di Kabupaten Sikka (Studi Kasus Pada Orang Makasar (Takalar) Ke Desa Paga Kecamatan Paga Kabupaten Sikka). yang merupakan salah satu tujuan migrasi orang makasar (Takalar). Migrasi merupakan perpindahan tempat tinggal seseorang atau kelompok secara permanen atau relatif permanen dalam waktu jangka tertentu. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah. Faktor apa saja yang menyebapkan orang Makasar (Takalar) Migrasi Ke Desa Paga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor penyebab Orang Makasar (Takalar) Ke Desa Paga, Kecamatan Paga, Kabupaten Sikka. penelitian ini menggunakan teori (Push-Pull) faktor pendorong Migrasi adalah pendapatan dan lapangan kerja yang rendah pada daerah asal, sedangkan faktor penarik menjelasakan bawah pendapatan dan lapangan pekerjaan yang lebih tinggi di daerah tujuan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi dengan jumlah 10 orang yakni penjual barang keliling dan pedagang kios. Hasil penelitian yang ditemukan oleh peneliti ini yaitu lapangan pekerjaan di daerah asal sangat sulit, biaya sewa tempat yang mahal di daerah asal. Kesimpulan dalam penelitian ini ialah dari faktor pendorong keinginan yang kuat untuk meninggalkan kampung halaman karena biaya hidup yang mahal. Dan biaya sewa tempat mahal di daerah asal. Sedangkan faktor penarik di daerah tujuan biaya hidup yang sangat murah, sewa lahan dengan harga yang terjangkau. Saran bagi pemerintah seharusnya dapat memberikan peraturan tentang peraturan untuk membatasi masuknya kaum pendatang karena akan menciptakan berbagai macam persoalan, sedangkan bagi masyarakat dapat menjaga solidaritas dan toleransi antar sesama demi terciptanya kerukunan antar sesama dan saling menghormati.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Yustina Maria Weni - Personal Name
Student ID
1703030195
Dosen Pembimbing
IMANTA I PERANGINANGIN - 197408142005011002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Hildigardis M I Nahak - 197905012006042001 - Ketua Penguji
Imanta I Peranginangin - 197408142005011002 - Penguji 1
Josep Emanuel Jelahut - 196412241992031003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Wen M
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA