Penggunaan Model Inkuiri Dalam Pembelajaran IPA Tema 3 Sub Tema 1 Tentang Materi Rangkaian Listrik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI Di SD Persitim 1 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Inkuiri Dalam Pembelajaran IPA Tema 3 Sub Tema 1 Tentang Materi Rangkaian Listrik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI Di SD Persitim 1 Kupang

XML

Skripsi Oleh Fitkha Yuliansri Ha’e NIM: 1901140237 (2023) PGSD. Dengan judul Penggunaan Model Inkuiri Dalam Pembelajaran IPA Tema 3 Sub Tema 1 Tentang Materi Rangkaian Listrik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI Di SD Persitim 1 Kupang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi rangkaian listrik penggunaan model inkuiri di SD Persitim 1 Kupang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes, subjek penelitian adalah siswa kelas VI Sekolah Dasar Persitim 1 Kupang yang berjumlah 22 orang yakni 6 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif.
Penelitin ini dilaksanakan di SD Persitim 1 Kupang dengan hasil penelitian yang menunjukan bahwa siklus 1 dari 22 orang yang tuntas 15 orang ( 68,18%), tuntas karena siswa lebih aktif selama pembelajaran berlangsung, siswa aktif selama berdiskusi dengan teman kelompok mengenai materi rangkaian listrik sehingga siswa tidak hanya mendengar penjelasan namun siswa dapat membuktikan tentang apa yang sudah dijelaskan oleh guru, yang tidak tuntas 7 orang ( 31,81%) tidak tuntas karena siswa tidak aktif selama proses pembelajaran, serta kurang antusias dalam berdiskusi dalam kelompok, siswa malu bertanya dan menjawab pertanyaan guru, kurangnya rasa percaya diri siswa dalam menjawb pertanyaan guru, kurangnya rasa percaya diri siswa dalam menyampaikan pendapat. Siklus II yang tuntas 22 orang (100%) tuntas karena siswa aktif selama proses pembelajaran, antusias dalam berdiskusi dengan teman dalam kelompok, menjawab pertanyaan dari guru dan berani menyampaikan pendapat.
Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model inkuiri pada pembelajaran IPA materi rangkaian listrik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Persitim 1 Kupang. Hal ini dibuktikan dengan hasil siklus 1 15 orang (68,18%) yang tuntas dan siklus II 22 orang (100%) yang tuntas.

Kata kunci : Inkuiri Learning, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
FITKHA YULIANSRI HA’E - Personal Name
Student ID
1901140237
Dosen Pembimbing
ANTONIUS SUBAN HALI - 197809172009121004 - Dosen Pembimbing 1
MARKUS SAMPE - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Antonius Suban Hali - 197809172009121004 - Penguji 1
MARKUS SAMPE - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 HAE P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA