Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema 4 Berbagai Pekerjaan Subtema 1 Jenis-Jenis Pekerjaan Pembelajaran 1 Di Kelas IV SD Inpres Petleng Kabupaten Alor ( Penelitian Tindakan Kelas )

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema 4 Berbagai Pekerjaan Subtema 1 Jenis-Jenis Pekerjaan Pembelajaran 1 Di Kelas IV SD Inpres Petleng Kabupaten Alor ( Penelitian Tindakan Kelas )

XML

Skripsi Oleh Eni Nengsi Maata. Nim : 1601140100 (2021). Dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa tema 4 subtema 1 jenis-jenis pekerjaan di kelas iv sd inpres petleng. Dengan masalah bagaimana penerapan model pembelajaran role playing untuk menigkatkan hasil belajar siswa tema 4 berbagai pekerjaan subtema 1 jenis-jenis pekerjaan di kelas IV SD Inpres Petleng. Dengan Tujuan untuk meningkatkan Hasil belajar siswa ten tang Jenis-jenis Pekerjaan menggunakan model Role Playing di kelas IV SD Inpres Petleng. Metode penelitian yang digunakan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan teknik pengumpulan data yakni observasi dan tes teknik analisis data yakni deduktif dan kualitatif dengan subyek berjumlah 20 orang dengan rincian siswa laki-laki 15 orang dan siswa perempuan 17 orang. Penelitian ini diadakan di SD Inpres Petleng, dengan hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I, sebanyak 11 siswa (55%) dari 20 subyek tuntas dengan nilai 71,5% karena selalu memusatkan perhatian, selalu aktif dalam kelas, selalu mengerjakan tugas, dan tertib pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Sedangkan 9 orang lainnya dari 20 subjek ( 45%) belum mencapai standar ketuntasan karena siswa kurang memusatkan perhatian ketika sedang berdiskusi, kurang percaya diri dalam menyampaiakan hasil kerja, dan kurang aktif dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Selanjutnya pada siklus II hasil belajar siswa meningkat. Yakni dari 20 subjek, 19 siswa tuntas dengan persentase nilai 89,25% karena selalu memusatkan perhatian, aktif dalam kelas, lebih percaya diri pada saat berdiskusi dan menyampaikan hasil diskusi, selalu mengerjakan tugas, dan tertib pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Sedangkan 1 siswa lainnya belum tuntas karena masih kurang percaya diri dan kurang aktif. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa dalam penerapam model pembelajaran role playing dengan materi tema 4 berbagai pekerjaan, Sub Tema 1 jenis-jenis pekerjaan, dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal yang diharapkan peneliti. Kata Kunci : model role playing, jenis-jenis pekerjaan, hasil belajar.


Detail Information

Item Type
Penulis
Eni Nengsi Maata - Personal Name
Student ID
1601140100
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
FEMBRIANI - 199202132018032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 1
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 1
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Maa P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA