IMPLIKASI PROGRAM BANTUAN RUMAH LAYAK HUNI TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (di Desa Derok Faturene, Kecamatann Tasifeto Barat, Kabupaten Belu)

Detail Cantuman

Skripsi

IMPLIKASI PROGRAM BANTUAN RUMAH LAYAK HUNI TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (di Desa Derok Faturene, Kecamatann Tasifeto Barat, Kabupaten Belu)

XML

Penelitian ini menjelaskan tentang implikasi program bantuan rumah layak huni terhadap kesejahteraan masyarakat di desa Derok Faturene kecamatan Tasifeto Barat kabupaten Belu. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana implikasi program bbantuan rumah layak huni terhadap kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis implikasi program bantuan rumah layak huni terhadap kesejahteraan masyarakat. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori kesejahteraan menurut T. H. Marshall yakni kesejahteraan didasarkan pada tiga hak asasi manusia yang harus dimiliki oleh semua warga negara, yaitu hak politik, hak ekonomi, dan hak sosial. Jenis penelitian yang yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Analisis interaktif yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data model interaktif yang terdiri dari beberapa komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 10 orang yakni masyarakat penerima bantuan rumah layak huni dengan menggunakan teknik purposive sampling. Terdapat 5 kriteria yang dapat mengukur tingkat ksejahteraan masyarakat diantaranya tingkat kepuasan, tingkat kesehatan, tingkat pendidikan, tingkat ekonomi, dan tingkat partisipasi sosial. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan adanya bantuan rumah layak huni dapat meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat. Kelebihan membangun rumah layak huni adalah meningkatkan kualitas hidup masyarakat, integrasi sosial, dan produktivitas masyarakat. Hal ini ditandai dengan meningkatnya beberapa aspek dalam kehidupan masyarakat yakni, tingkat kepuasan akan rumah yang diterima oleh masyarakat, tingkat kesehatan bagi masyarakat, tingkat pendidikan, tingkat ekonomi, dan tingkat partisipasi sosial. Berdasarkan kesimpulan penelitian ini penulis menyarankan untuk tetap saling bekerjasama diantara pihak pemerintah dan masyarakat.

Kata Kunci: Implikasi, Rumah Layak Huni, Kesejahteraan.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Mario Antonius Mones - Personal Name
Student ID
1803030183
Dosen Pembimbing
LASARUS JEHAMAT - 197805242006041006 - Dosen Pembimbing 1
CHRISTINE ERIKA MEKA - 198501072008122004 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Lasarus Jehamat - 197805242006041006 - Ketua Penguji
Christine Erika Meka - 198501072008122004 - Penguji 1
Imanta I Peranginangin - 197408142005011002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
FISIP
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang, Nusa Tenggara Timur.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Mon I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA