PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN TENTANG TEMA 7 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI KELAS IV SD GMIT KORO’OTO KECAMATAN AMARASI SELATAN KABUPATEN KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN TENTANG TEMA 7 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI KELAS IV SD GMIT KORO’OTO KECAMATAN AMARASI SELATAN KABUPATEN KUPANG

XML

Skripsi oleh Melati Tessa Ottemusu. 2023. 1601140270. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Tentang Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 3 untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas IV SD GMIT Koro’oto Kecamatan Amarasi Selatan, Kabupaten Kupang. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam pembelajaran tentang tema 7 subtema 1 pembelajaran 3 dapat meningkatkan hasil belajar di kelas IV SD GMIT Koro’oto? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tentang tema 7 subtema 1 pembelajaran 3 di kelas IV SD GMIT Koro’oto dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yakni deskriptif kualitatif dengan subjek berjumlah 15 orang terdiri dari 6 peserta didik laki-laki dan 9 peserta didik perempuan.
Penelitian ini dilaksanakan di SD GMIT Koro’oto Kecamatan Amarasi Selatan Kabupaten Kupang, pada Siklus I hasil penelitian menunjukan bahwa dari 15 peserta didik terdapat 9 orang yang tuntas (60%) karena peserta didik memperhatikan penjelasan materi pembelajaran, menjawab pertanyaan dengan tepat, aktif bekerja sama dalam kelompok, dan dapat berkonsentrasi dalam mengikuti Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, sedangkan 6 orang tidak tuntas (40%) karena tidak memperhatikan penjelasan materi pembelajaran, kurang tepat menjawab pertanyaan, tidak aktif bekerja sama dalam kelompok, dan tidak dapat berkonsentrasi dalam mengikuti pembelajaran tipe jigsaw. Pada siklus II hasil belajar peserta didik meningkat yakni 15 subyek yang diteliti sudah mencapai standar ketuntasan dengan presentase 100% dikarenakan peserta didik sudah mampu memeperhatikan penjelasan materi dengan baik, aktif bekerja sama dalam kelompok, dan berkonsentrasi dalam mengikuti pembelajaran tipe jigsaw.
Berdasarkan hasil penelitian di atas menunjukan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran tentang Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 3 dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas IV SD GMIT Koro’oto. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan pada siklus II, selanjutnya semua data menunjukan bahwa seluruh peserta didik dapat mencapai nilai minimal ketuntasan, dengan demikian pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Tipe Jigsaw, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Melati Tessa Ottemusu - Personal Name
Student ID
1601140270
Dosen Pembimbing
Silvester P. Taneo - 19601126 198803 1 005 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Ott P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA