Skripsi
Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penghematan Energi Di Kelas III SD Persitim 1 Kupang
XMLJenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuantitatif. Penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre Experimental Design bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas III SD Persitim 1 Kupang yang berjumlah 17 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dimana semua populasi dijadikan sebagai sampel. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan ganda berupa pretest dan posttest sebanyak 10 soal yang telah valid. Analisis data yang digunakan yaitu t-tes. Temuan penelitian ini sebagai berikut: 1) hasil belajar PPKn siswa dilihat dari rata-rata nilai tes akhir (posttes) diperoleh rata-rata 81,76 sedangkan tes awal (pretest) diperoleh rata-rata 53,53. Berdasarkan hasil rata-rata posttest bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Role Playing memiliki hasil belajar yang lebih baik, 3) Selanjutnya hasil pengujian Hipotesis, menggunakan paired sample T-test menunjukan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Hal ini menunjukan bahwa pada taraf signifikansi (2-tailed)<0,05. Sesuai dengan dasar pengambilan keputusan dalam uji ini adalah, jika nilai sig. (2-tailed)<0,05, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada data Pretest-postestt. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Role Playing berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi penghematan energi di kelas III SD Persitim 1 Kupang.
Kata Kunci: Role Playing, Hasil Belajar.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
YORTAN SANIA KAY - Personal Name
|
Student ID |
1901140248
|
Dosen Pembimbing |
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Ketua Penguji
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 1 Gaspar Melo - 195806241987031002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 KAY P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |