Skripsi
Penerapan Kurikulum Merdeka Oleh Guru Ppkn Di UPTD SMP Negeri 4 Kupang
XMLPenerapan Kurikulum Merdeka 2022 sebagai solusi Learning Loss/Kehilangan Pembelajaran akibat Pandemi Covid-19. Tahun pelajaran 2022/2023 satuan pendidikan non sekolah penggerak diberikan kebebasan penerapan kurikulum merdeka. Rumusan Masalah 1) Bagaimana penerapan kurikulum merdeka oleh Guru PPKn di UPTD SMP Negeri 4 Kupang? 2) Bagaimana kendala-kendala dalam penerapan kurikulum merdeka oleh guru PPKn di UPTD SMP Negeri 4 Kupang? 3) Bagaimana upaya mengatasi kendala-kendala penerapan kurikulum merdeka oleh guru PPKn di UPTD SMP Negeri 4 Kupang?. Tujuan penelitian mendeskripsikan penerapan, kendala-kendala dalam penerapan dan usaha mengatasi kendala-kendala penerapan kurikulum merdeka oleh Guru PPKn di UPTD SMP Negeri 4 Kupang.
Penelitian dengan metode kulitatif deskriptif, dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap informan yakni Kepala Sekolah, Guru PPKn dan peserta diidik pada UPTD SMP Negeri 4 Kupang. Hasil penelitian 1) Penerapan Kurikulum Merdeka di UPTD SMP Negeri 4 Kupang baru dilaksanakan semester Ganjil dan Genap Tahun Pelajaran 2022/2023 yang difokuskan kelas VII (Tujuh). Pelaksanaannya tidak terkesan dipaksakan, sekolah siap. Belum diadakan kegiatan pengukuran dan evaluasi kualitas output peserta didik dalam menerapkan kurikulum merdeka. Mapel PPKn Kelas VII terdiri dari 11 rombongan belajar yang diampu 2 Guru PPKn. kegiatan pembelajaran berbasis standar kurikulum 2022 termasuk melaksanakan projek penguatan profil pelajar Pancasila namun belum diterapkan sepenuhnya tetapi melaksanakannya sebagai kebiasaan. Pembelajaran yang inovatif, cukup ketersedian buku kurikulum merdeka 2022, kegiatan pembelajaran dalam kegiatan diskusi, presentasi, mengerjakan lembar kerja peserta didik. Suasana pembelajaran berjalan menyenangkan dan ceria. 2) Beberapa kendala yang ditemukan antara lain a. Guru belum memahami alur kurikulum merdeka secara menyeluruh b. Guru PPKn masih belajar otodidak dalam komunitas sekolah, belum ada pendampingan kurikulum merdeka selama 3 tahun seperti pada sekolah penggerak c. Belum adanya sikap percaya diri pada peserta didik dalam mengeksplorasi standar operasional kurikulum merdeka akibat Learning Los/Kehilangan pembelajaran saat belajar dari rumah 3) Guru dan Kepala Sekolah aktif, belajar dari internet secara mandiri dan sharing dalam komunitas belajar serta membangun hubungan dengan sekolah penggerak di Kota Kupang.
Key Word: Penerapan, Kurikulum Merdeka, Guru PPKn, UPTD SMPN 4 Kupang
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Yulius Dappa - Personal Name
|
Student ID |
1801070003
|
Dosen Pembimbing |
MARSI DEVID SETYAWAN BANI - 198203142008121001 - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Marsi Devid Setyawan Bani - 198203142008121001 - Ketua Penguji
DAUD YEFKANIUS NASSA - - Penguji 1 Fredik L. Kollo - 19920208 202203 1 009 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.05 Dap P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |