Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Tentang Keseimbangan Ekosistem Di Kelas V SD Inpres Tenau Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Tentang Keseimbangan Ekosistem Di Kelas V SD Inpres Tenau Kota Kupang

XML

Masalah yang diambil dalam penelitian ini yaitu “Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Tentang Keseimbangan Ekosistem Di Kelas V SD Inpres Tenau Kota Kupang” jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental Design populasi yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 44 orang dengan kelas kontrol 23 orang dan kelas eksperimen 21 orang. teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling yang mana dalam penelitian ini dikatakan sederhana karena penenentuan sampel digunakan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu.
Penelitian ini dilakukan di SD Inpres Tenau tepatnya di kelas V. Hasil penelitian membuktikan ada pengaruh yang signifikan antara model project based learning terhadap hasil belajar. Hal ini dibuktikan dengan dengan data hasil penelitian yang menunjukan bahwa adanya perbandingan dari nilai rata-rata pretest 60,65 dan posttest kelas kontrol sebesar 67,83. Sedangkan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 64,29, dan nilai posstest kelas eksperimen sebesar 80,24, lebih besar dari nilai pretest dan postest kelas kontrol sesudah diberikan perlakuan model project based learning.
Pengujian hipotesis dengan bantuan SPSS statistis Versi 17 for windows yang dilakukan dengan dengan uji-t yaitu paired sampel t-test. Selanjutnya hasil pengujian hipotesis menggunakan paired sample test menujukan bahwa nilai signifikasi (2-tailed) 0,00 < 0,05. Sesuai dengan dasar pengambilan keputusan dalam uji ini adalah, jika nilai sig. 2-tailed,< 0,05, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada data pretest dan posttest. Sebaliknya, jika nilai sig. (2-tailed) >0,05, maka tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar pada data pretest dan postest. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model Project Based Learning terhadap hasil belajar tentang keseimbangan ekosistem di kelas V SD Inpres Tenau kota kupang.

Kata Kunci: Model project based learning, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1901140094
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 KAN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA