Skripsi
PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA TEMA 6 SUBTEMA 3 DI SD INPRES CAMPLONG 2
XMLSkripsi Oleh Rivaldo Bulla,1901140210,PGSD,2023,Dengan Judul Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Tema 6 Subtema 3 Di SD Inpres Camplong 2. Apakah Ada Pengaruh Yang Signifikan Model Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Tema 6 Subtema 3 Di SD Inpres Camplong 2 Kabupaten KupangMasalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunkan model contextual teaching and learning pada tema 6 subtema 3 tentang materi konduktor dan isolatorkelas di SD Inpres Camplong 2. Jenis penelitian adalah penelitian Pre-Experimental Design sampel yang digunakan peneliti sebanyak 20 siswa yang terdapat pada kelas V. Teknik pengambilan data yang digunakan oleh peneliti yaitu data populatif, artinya semua data yang digunakan dapat dijadikan data. Teknik dan instrumentdata yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa pretest dan posttestuntuk mengukur hasil belajar siswa. Soal tes yang digunakan sebelumnya sudah dilakukan uji validasi dan reabilitasi terlebih dahulu. Setelah penelitimengumpulkan data selanjutnya menggunakan uji hipotesis. Hasil penelitian yang sudah dibuktikan adanya pengaruh yang signifikan antara model Contextual Teacing and Learning terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan jumblah rata-rata yang mencapai KKM pada pembelajaran dengan menggunakan model contextual teaching and learning mencapai 85,00 lebih tinggi dari nilai tes sebelum melekukan perlakuan dengan menggunakan model Contextual teaching and learning pada pembelajaran hanya mencapai 53,75pengajian dengan menggunakan spss versi 20 dilakukan dengan uji T yaitu paired sampel T-Test.Diperoleh nilai signifikan nilai sig (2-tailed) yaitu 0,000 <0,05. Maka peneliti dapat menyimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara data pretest dan posttest. hal ini menunjukan bhawa adanya perbedaan yang signifikan antara variabel serta terdapat pengaruh pada setiap variabel maka peneliti menyimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPA. Saat sebelum menggunakan dan sesudah menggunakan model contextual teaching and learning
Kata kunci: Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
RIVALDO BULLA - Personal Name
|
Student ID |
1901140210
|
Dosen Pembimbing |
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 1
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Taty R Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1 Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Bul P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |