PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA TEMA 6 SUBTEMA 3 DI SD INPRES CAMPLONG 2

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA TEMA 6 SUBTEMA 3 DI SD INPRES CAMPLONG 2

XML

Skripsi Oleh Rivaldo Bulla,1901140210,PGSD,2023,Dengan Judul Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Tema 6 Subtema 3 Di SD Inpres Camplong 2. Apakah Ada Pengaruh Yang Signifikan Model Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Tema 6 Subtema 3 Di SD Inpres Camplong 2 Kabupaten KupangMasalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunkan model contextual teaching and learning pada tema 6 subtema 3 tentang materi konduktor dan isolatorkelas di SD Inpres Camplong 2. Jenis penelitian adalah penelitian Pre-Experimental Design sampel yang digunakan peneliti sebanyak 20 siswa yang terdapat pada kelas V. Teknik pengambilan data yang digunakan oleh peneliti yaitu data populatif, artinya semua data yang digunakan dapat dijadikan data. Teknik dan instrumentdata yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa pretest dan posttestuntuk mengukur hasil belajar siswa. Soal tes yang digunakan sebelumnya sudah dilakukan uji validasi dan reabilitasi terlebih dahulu. Setelah penelitimengumpulkan data selanjutnya menggunakan uji hipotesis. Hasil penelitian yang sudah dibuktikan adanya pengaruh yang signifikan antara model Contextual Teacing and Learning terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan jumblah rata-rata yang mencapai KKM pada pembelajaran dengan menggunakan model contextual teaching and learning mencapai 85,00 lebih tinggi dari nilai tes sebelum melekukan perlakuan dengan menggunakan model Contextual teaching and learning pada pembelajaran hanya mencapai 53,75pengajian dengan menggunakan spss versi 20 dilakukan dengan uji T yaitu paired sampel T-Test.Diperoleh nilai signifikan nilai sig (2-tailed) yaitu 0,000 <0,05. Maka peneliti dapat menyimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara data pretest dan posttest. hal ini menunjukan bhawa adanya perbedaan yang signifikan antara variabel serta terdapat pengaruh pada setiap variabel maka peneliti menyimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPA. Saat sebelum menggunakan dan sesudah menggunakan model contextual teaching and learning

Kata kunci: Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
RIVALDO BULLA - Personal Name
Student ID
1901140210
Dosen Pembimbing
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 1
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty R Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Bul P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA