Skripsi
Kualitas Pelayanan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Provinsi NTT dalam Penerbitan Surat Ijin Usaha Perdagangan Minuman Beralkohol Toko Bebas Bea
XMLRian Kurnya Mbuilima. 1603010037, 2022, Universitas Nusa Cendana Kualitas, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Program Studi Administrasi Negara, “Pelayanan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM- PTSP) Provinsi NTT dalam Penerbitan Surat Ijin Usaha Perdagangan Minuman Beralkohol Toko Bebas Bea”. Dosen Pembimbing I Dr. Melkisedek N. B. C. Neolaka, M.Si, Dosen Pembimbing II Cataryn V.Adam,S.Sos.,M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan DPM-PTSP Provinsi NTT dalam penerbitan surat ijin usaha perdagangan minuman berakohol toko bebas bea. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan informan berjumlah 10 orang. Data yang yang diperoleh berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi berupa pengumpulan data, reduksi data dan penyajian data. Isntrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data. Teori yang digunakan adalah teori yang diungkapkan oleh Parasuraman mengenai dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari lima dimensi yakni bukti langsung, kehandalan, daya tangkap, jaminan serta perhatian. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas dalam pelayanan penerbitan surat ijin usaha perdagangan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi NTT tidak memuaskan. Kualitas pelayanan yang tidak memuaskan bagi pemohon disebabkan peralatan dan perlengkapan jumlahnya minim, kurangnya kemampuan dasar pegawai terhadap pengeluaran surat ijin, kepastian waktu penyelesaian surat ijin usaha perdagangan tidak sesuai peraturan, pegawai kurang tanggap terhadap kebutuhan pemohon, pegawai tidak ramah dan memperlakukan masyarakat berbeda-beda.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, SOP (Bukti Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati)
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Rian Kurnya Mbuilima - Personal Name
|
Student ID |
1603010037
|
Dosen Pembimbing |
Melkisedek N.B.C Neolaka - 196305191989011001 - Dosen Pembimbing 1
CATARYN V ADAM - 196804042000032001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Melkisedek N B C Neolaka - 196205191989011001 - Ketua Penguji
Cataryn V Adam - 196804042000032001 - Penguji 1 Jacoba Daud Niga - 196004061987022001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
63201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Ilmu Administrasi Negara
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
632.01 Mbu K
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |