Efektivitas Program Pembinaan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab oleh Petugas LPKA terhadap Anak Remaja di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas I Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Efektivitas Program Pembinaan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab oleh Petugas LPKA terhadap Anak Remaja di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas I Kupang

XML

Rumusan Masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana program pembinaan karakter disiplin dan tanggung jawab oleh petugas terhadap anak dan remaja di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas I Kupang? (2) Apakah efektif program pembinaan karakter disiplin dan tanggung jawab oleh petugas terhadap anak dan remaja di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas I Kupang?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan program pembinaan karakter disiplin dan tanggung jawab oleh petugas terhadap anak dan remaja di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas I Kupang, (2) Untuk mendeskripsikan efektif program pembinaan karakter disiplin dan tanggung jawab terhadap perbaikan karakter baik anak dan remaja di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas I Kupang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan, baik data primer maupun sekunder yang diperoleh di lapangan dianalisis dengan cara merangkum hal-hal pokok, menyajikan data ke dalam bentuk kalimat yang mudah dipahami, dan menarik kesimpulan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah petugas LPKA dan Anak Binaan Pemasyarakatan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Program pembinaan karakter disiplin dan tanggung jawab oleh petugas LPKA terhadap anak dan remaja di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas I Kupang, terlaksana dengan baik, lancar dan sesuai harapan karena adanya kolaborasi antara LPKA Klas I Kupang dengan berbagai mitra di wilayah Nusa Tenggara Timur. Kolaborasi LPKA Klas I Kupang dengan berbagai mitradi wilayah NTT karena kurangnya sumber daya manusia dalam melaksanakan program- program pembinaan karakter yang sudah dirancang bersama. Tujuan kolaborasi antara LPKA Klas I Kupang dengan berbagai mitra di wilayah Nusa Tenggara Timur adalah untuk mendukung, memaksimalkan, dan meningkatkan pelaksanaan program pembinaan karakter terhadap anak dan remaja. Program pembinaan karakter disiplin dan tanggung jawab oleh petugas LPKA terhadap anak remaja di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas I Kupang terlaksana dengan dengan baik dan lancar, karena didukung dengan sumber daya manusia hasil kolaborasi dengan berbagai mitra di wilayah NTT, dan sarana prasarana serta fasilitas yang tersedia sehingga hasil akhir dari setiap program pembinaan karakter cukup efektif.
Kata Kunci: Efektivitas, Program Pembinaan, Disiplin dan Tanggung Jawab


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Efi Taroci Lasi - Personal Name
Student ID
1901070129
Dosen Pembimbing
Petrus Ly - 1959121119861002 - Dosen Pembimbing 1
Thomas Kemil Masi, M.Pd - 199205302022031009 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Petrus Ly, M.Si - 19591211 198601 1 002 - - Ketua Penguji
Thomas Kemil Masi - - Penguji 1
MARIA L BRIBIN - 199305132019032025 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 LAS E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA