PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING SECARA DARING DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KETENAGAKERJAAN KELAS XI IPS 3 DI SMA NEGERI 4 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING SECARA DARING DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KETENAGAKERJAAN KELAS XI IPS 3 DI SMA NEGERI 4 KUPANG

XML

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang diduga hasil belajar siswa mengalami penurunan dengan memperbaiki proses pembelajaran pada materi ketenagakerjaan melalui metode pembelajaran mind mapping. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Kupang, dengan subjek penelitian adalahsiswa kelas XI IPS 3 sebanyak 34 siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, metode pembelajaran yang digunakan adalah dengan metode pembelajaran mind mapping. Penelitian dilakukan dengan 3 siklus. Tahapan penelitian ini dimulai dengan pretes tuntuk mengetahui kemampuan awal siswa, selanjutnya pemberian materi yang diajarkan kemudian siswa secara membuat mind mapping tentang materi yang telah disampaikan oleh guru dan mempresentasikannya. Tahap selanjutnya adalah postest, untuk mengetahui pemahaman serta keberhasilan belajaryang telah dicapai siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran pada materi ketenagakerjaan menggunakan penerapan metode mind mapping ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari peningkatan rata-ratanilai postest; nilai rata-rata pada siklusI 68,82 dan ketuntasan belajar sebesar 38,24%; pada siklus II nilai rata-rata 70,00 dengan ketuntasan belajar 41,18%; dan pada siklus III nilairata-rata 79,26 dan ketuntasan belajarnya 91,18%. Peningkatan tersebut telah memenuhi KKM dan ketuntasan belajar yang telah ditentukan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui metode pembelajaran mind mapping.
Kata Kunci: Mind Mapping, Hasil Belajar, Daring


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Veronika Adelfia Ndappa - Personal Name
Student ID
1701080115
Dosen Pembimbing
Andri Paulus Loe - 199105272019031014 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Jacob Abolladaka - 197202102006041002 - Ketua Penguji
Andri Paulus Loe - 199105272019031014 - Penguji 1
Dr. Markus U. K. Yewang, MM - 196412231994031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Ekonomi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.03 Nda P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA