Pengaruh Pengunaan Model Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Di Kelas VSD Katolik Bhaktyarsa Maumere Kabupaten Sikka

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Pengunaan Model Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Di Kelas VSD Katolik Bhaktyarsa Maumere Kabupaten Sikka

XML

Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh yang signifikan pada model Inkuiri terhadaphasil belajar siswa tentang ekosistem di kelas V SDK Bhaktyarsa Maumere.Instrumen pengukuran hasil belajar berupa test pilihan ganda yang dikembangkan oleh peneliti. Sebelum digunakan, instrument divalidasi isi dan analisis item setelah uji coba. Reliabilitas tes menunjukan nilai alpha cronbach’s sebesar 0.944 sehingga layak untuk digunakan. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yaitu pre-
experimental designs (nondesigns) secara khusus penelitian ini menggunakan rancangan penelitian one-group prettes-posttes design. Subjek penelitian berjumlah berjumlah 23 orang. Terdiri dari satu kelas eksperimen, siswa kelas V SDK Bhaktyarsa, tahun angkatan 2021/2022. Analisis data dilakukan melalui tahapan (1) uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, dan (2) uji hipotesis penelitian,yang dilakukan dengan teknik analisis statistic paired samplestest.Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar sebelum siswa diberi perlakuan (pretest) dan sesudah diberi perlakuan (posttest). Ini berarti bahwa Model inkuiri berbantuan media animasi ternyata mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi Ekosistem di kelas V SDK Bhaktyarsa. Hal ini dapat
dibuktikan bahwa hasil perhitungan uji-tmemiliki nilai t test sebesar 18.36 lebih besar (>) dari nilai t tabel pada taraf signifikansi 95% dan d.b. (derajat kebebasan) 22 adalah 1.717. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari selisih rata-rata hasil belajar pada saat pretest dan posttest, saat pretest nilai rata-rata (mean) sebesar60.57 kemudian pada saat posttest terjadi peningkatan rata-rata (mean) menjadi 74.61. Sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata peningkatan adalah 16.04. Peningkatan tersebut juga dapat dilihat dari nilai signifikansi pada uji t lebih kecil dari 0.05 yaitu 0,000. Jadi berdasarkan kriteria keputusanpenerimaan/penolakan maka H0 ditolak dan xivHa diterima. Oleh karena itu, dapat diartikan bahwa adapengaruh yang signifikan padaModel Inkuiri terhadap hasil belajar siswa materi ekosistem di kelas V SDK Bhaktyarsa.

Kata kunci: Model Inkuiri, Media Animasi, Hasil Belajar, Ekosistem


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
EVANI SOLI PADAKA - Personal Name
Student ID
1901140174
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 PAD P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA