Skripsi
Pengaruh Pengunaan Model Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Di Kelas VSD Katolik Bhaktyarsa Maumere Kabupaten Sikka
XMLPenelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh yang signifikan pada model Inkuiri terhadaphasil belajar siswa tentang ekosistem di kelas V SDK Bhaktyarsa Maumere.Instrumen pengukuran hasil belajar berupa test pilihan ganda yang dikembangkan oleh peneliti. Sebelum digunakan, instrument divalidasi isi dan analisis item setelah uji coba. Reliabilitas tes menunjukan nilai alpha cronbach’s sebesar 0.944 sehingga layak untuk digunakan. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yaitu pre-
experimental designs (nondesigns) secara khusus penelitian ini menggunakan rancangan penelitian one-group prettes-posttes design. Subjek penelitian berjumlah berjumlah 23 orang. Terdiri dari satu kelas eksperimen, siswa kelas V SDK Bhaktyarsa, tahun angkatan 2021/2022. Analisis data dilakukan melalui tahapan (1) uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, dan (2) uji hipotesis penelitian,yang dilakukan dengan teknik analisis statistic paired samplestest.Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar sebelum siswa diberi perlakuan (pretest) dan sesudah diberi perlakuan (posttest). Ini berarti bahwa Model inkuiri berbantuan media animasi ternyata mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi Ekosistem di kelas V SDK Bhaktyarsa. Hal ini dapat
dibuktikan bahwa hasil perhitungan uji-tmemiliki nilai t test sebesar 18.36 lebih besar (>) dari nilai t tabel pada taraf signifikansi 95% dan d.b. (derajat kebebasan) 22 adalah 1.717. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari selisih rata-rata hasil belajar pada saat pretest dan posttest, saat pretest nilai rata-rata (mean) sebesar60.57 kemudian pada saat posttest terjadi peningkatan rata-rata (mean) menjadi 74.61. Sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata peningkatan adalah 16.04. Peningkatan tersebut juga dapat dilihat dari nilai signifikansi pada uji t lebih kecil dari 0.05 yaitu 0,000. Jadi berdasarkan kriteria keputusanpenerimaan/penolakan maka H0 ditolak dan xivHa diterima. Oleh karena itu, dapat diartikan bahwa adapengaruh yang signifikan padaModel Inkuiri terhadap hasil belajar siswa materi ekosistem di kelas V SDK Bhaktyarsa.
Kata kunci: Model Inkuiri, Media Animasi, Hasil Belajar, Ekosistem
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
EVANI SOLI PADAKA - Personal Name
|
Student ID |
1901140174
|
Dosen Pembimbing |
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1 Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 PAD P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |