Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa KELAS V Pada Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1 Di SD Inpres Nunbaun Delha

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa KELAS V Pada Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1 Di SD Inpres Nunbaun Delha

XML

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari model pembelajaran Kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa kelas V pada tema 6 subtema 1 pembelajaran 1 di SDI Nunbaun Delha. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimental Design yakni Pretest Posttest Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan populasi dan sampel yaitu seluruh siswa kelas V yang terdiri dari 46 siswa (23 siswa pada kelas kontrol dan 23 siswa pada kelas kelas eksperimen). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan lembar observasi keterlaksanaan model.
Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan menggunakan uji hipotesis. Pengujian hipotesis dilakukan dengan bantuan SPSS versi 22 dilakukan dengan uji Paired Sample Test dan Uji Independent Sample Test. Berdasarkan analisis hasil data yang dilakukan menunjukan bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,00<0,005 dengan taraf signifikansi = 0,05 (5%), Selain membandingkan nilai signifikansi, hasil uji dengan nilai t_hitung sebesar 4,192 > t_tabel 2,015, maka H_a diterima dan H_0 ditolak. Selanjutnya hasil uji N-Gain Score pada kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran adalah sebesar 64% dan masuk dalam kategori cukup efektif . Kesimpulannya terdapat pengaruh yang signifikan dari Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1 Di SDI Nunbaun Delha.
Kata kunci: Kooperatif Tipe Make A Match, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MELSI LADO - Personal Name
Student ID
1901140241
Dosen Pembimbing
Maxel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Ketua Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1
Petrus Ly - 195912111986011001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 LAD P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA