PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS DALAM PELAYANAN PT. PLN KUPANG DI KELURAHAN BATAKTE KECAMATAN KUPANG BARAT KABUPATEN KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS DALAM PELAYANAN PT. PLN KUPANG DI KELURAHAN BATAKTE KECAMATAN KUPANG BARAT KABUPATEN KUPANG

XML

Persepsi Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan PT. PLN Kupang Di Kelurahan Batakte Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang. Berdasarkan pengamatan penulis latar belakang masalah pokoknya dapat dirumuskan Bagaimanakah Persepsi Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan PT PLN Kupang Di Kelurahan Batakte Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang. Untuk menjawab permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian dengan Jenis penilitian dan pendekatan dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu suatu proses penelitian dan pemahaman yang berdasarkan pada metodologi yang menyelidiki suatu fenomena sosial dengan cara membuat suatu gambaran kompleks, meneliti kata-kata, laporan terinci dari pandangan informan, dan melakukan studi pada situasi yang alami. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Bukti fisik atau tangibles yaitu berupa penampilan fisik, seperti gedung dan ruangan front office, tersedianya tempat parkir, kebersihan, kerapihan dan kenyamanan ruangan, perlengkapan dan penampilan karyawan. Dapat dilihat hasil rataan skor pada indikator wujud fisik mendapatkan nilai sebesar 4,06 yang berarti persepsi pelanggan terhadap wujud fisik pelayanan publik PLN. ULP Kota Kupang termasuk kategori baik. Reliability merupakan kemampuan untuk memberikan pelayanan yang sesuai dengan janji yang ditawarkan. Aspek yang digunakan untuk melihat kehandalan pelayanan PLN. ULP Kota Kupang antara lain mengenai ketelitian dan keakuratan dalam melayani pelanggan, pemberian pelayanan yang bebas pungutan liar, pemberian layanan tepat dengan waktu yang dijanjikan, dan kesesuaian antara prosedur yang ditetapkan dengan pelayanan di lapangan. Responsiveness atau Daya tanggap merupakan kemauan dari karyawan dan perusahaan untuk membantu pelanggan dan memberikan jasa dengan cepat serta mendengar dan mengatasi keluhan yang diajukan konsumen. Assurance atau jaminan yang dimaksud meliputi keterampilan karyawan yang memadai di bidangnya, kemampuan karyawan atas pengetahuaan terhadap produk secara tepat, kualitas keramahtamahan dan kesopanan dalam memberikan pelayanan, dan kemampuan dalam menanamkan kepercayaan pelanggan dalam perusahaan.. Kesimpulan dari penelitian diatas yakni : Masalah yang dihadapi pelanggan listrik yang ada di Kelurahan Batakte ialah bencana badai besar (Siklon Tropis Seroja) yang membuat Listrik mati dan banyak pohon yang tumbang sehingga proses perbaikannya yang sangat lama dan Upaya PLN untuk mengatasi masalah pada keluhan pelanggan dengan mendatangi kelapangan langsung, dan mengganti KWH yang buram/rusak, Sedangkan upaya PLN untuk mengatasi masalah lain yakni hancurnya tiang-tiang listrik akibat bencana dan gardu besar. Berdasarkan hasil penelitian bahwa masyarakat kelurahan Batakte sangat resah dikarenakan proses perbaikan yang sangat lama.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Charles Apolos Bullan - Personal Name
Student ID
1603010158
Dosen Pembimbing
Willam Djani - 196410141989011001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 Bul P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA