Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Tentang Hak, Kewajiban Dan Tanggung Jawab Siswa Kelas V SD Negeri Tunfeu 1 Kabupaten Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Tentang Hak, Kewajiban Dan Tanggung Jawab Siswa Kelas V SD Negeri Tunfeu 1 Kabupaten Kupang

XML

Skripsi oleh Vilda Elisse Baidenggan, NIM 1901140346, PGSD, 2023. Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Tentang Hak, Kewajiban Dan Tanggung Jawab Siswa Kelas V Sd Negeri Tunfeu 1 Kabupaten Kupang. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi hak, kewajiban dan tanggung jawab melalui pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di kelas V SD Negeri Tunfeu 1 Kabupaten Kupang?. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi hak, kewajiban dan tanggung jawab melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di kelas V SD Negeri Tunfeu 1 Kabupaten Kupang. Metode penelitian yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dalam bentuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yang digunakan dengan mencari rata-rata kelas pada subjek penelitian 25 orang siswa, yakni 21 laki-laki dan 4 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Tunfeu 1 Kabupaten Kupang dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pra-siklus, skor dari 25 subjek penelitian yang tuntas 8 orang siswa dengan persentase (32%) dan yang tidak tuntas 17 orang siswa dengan persentase (68%). Sedangkan hasil penelitian siklus I dari 25 orang yang tuntas 13 orang dengan persentase (52%) dan yang tidak tuntas 12 orang dengan persentase (48%). Siklus II mengalami peningkatan, yang tuntas 21 orang dengan persentase (84%) dan yang tidak tuntas 4 orang dengan persentase (16%). Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar pada materi tentang hak, kewajiban dan tanggung jawab siswa kelas V SD Negeri Tunfeu 1 Kabupaten Kupang.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
VILDA ELISSE BAIDENGGAN - Personal Name
Student ID
1901140346
Dosen Pembimbing
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Ketua Penguji
Martha K. Kota - 9900007842 - Ketua Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 BAI P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA