Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas V SD Negeri Oebafok Kabupaten Rote Ndao

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas V SD Negeri Oebafok Kabupaten Rote Ndao

XML

Pendidikan adalah suatu proses atau usaha sadar yang dilakukan seseorang atau sekelompok orang untuk menjadikan yang tidak tahu menjadi tahu, menuju kepada kehidupan yang lebih baik. Untuk itu dalam mencapai tujuan pendidikan terlebih khusus tingkat satuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar siswa di kelas V SD Negeri Oebafok Kabupaten Rote Ndao? Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh yang signifikan antara model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar siswa di kelas V SD Negeri Oebafok Kabupaten Rote Ndao. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-eksperimental design dengan pendekatan kuantitatif desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas V SD Negeri Oebafok yang berjumlah 20 orang pada tahun 2023/2024. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dimana semua populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik dan instrumen pengumpulan data: 1) tes. Instrumen penelitian yaitu tes berupa pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar. Instrumen soal sebelum di gunakan, terlebih dahulu digunakan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data terkumpul kemudian di analisis dan digunakan untuk uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar siswa. Terbukti dengan rata-rata hasil belajar siswa yang mencapai KKM pada pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning mencapai 83,5 lebih tinggi daripada persentase nilai yang mencapai KKM pada pembelajaran sebelum di berikan perlakuan hanya mencapai 42,8. Pengujian hipotesis dengan bantuan SPSS Versi 25 dilakukan dengan Uji-t yaitu uji paired sample T-test. Diperoleh nilai sig. (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05.

Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, SDN Oebafok, Rote Ndao


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ALDA RISWANI PUARADJA - Personal Name
Student ID
1901140388
Dosen Pembimbing
MARSI DEVID SETYAWAN BANI - 198203142008121001 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yetursance Yulsiana Manafe - 197906262005012003 - Ketua Penguji
Marsi Devid Setyawan Bani - 198203142008121001 - Penguji 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 PUA P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA