Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 1 Wulandoni Kabupaten Lembata

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 1 Wulandoni Kabupaten Lembata

XML

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Wulandoni Kabupaten Lembata . Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIB yang berjumlah 22 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk bekerja dalam kelompok yang sudah dibagi dan menyampaikan pendapat. Dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi dan tes. Observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan tes diberikan untuk melihat tingkat keberhasilan siswa dari suatu materi yang diajarkan. Berdasarkan hasil penelitian mulai dari kondisi awal, siklus 1 dan siklus 2 sudah terjadi peningkatan yang signifikan sebesar 46% . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIB SMPN I Wulandoni Tahun Ajaran 2022/2023.
Kata Kunci : Model Pembelajaran,Kooperatif Tipe STAD,Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
DOMINIKA DANA BOTOOR - Personal Name
Student ID
1801080110
Dosen Pembimbing
MARKUS UMBU K YEWANG - 196423121994031002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Jacob Abolla Daka - 197202102006041002 - Ketua Penguji
MARKUS UMBU K. YEWANG - 196412231994031002 - Penguji 1
Fernando Saragih - 196301271990031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Ekonomi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.03 BOT P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA