Skripsi
Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 1 Wulandoni Kabupaten Lembata
XMLTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Wulandoni Kabupaten Lembata . Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIB yang berjumlah 22 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk bekerja dalam kelompok yang sudah dibagi dan menyampaikan pendapat. Dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi dan tes. Observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan tes diberikan untuk melihat tingkat keberhasilan siswa dari suatu materi yang diajarkan. Berdasarkan hasil penelitian mulai dari kondisi awal, siklus 1 dan siklus 2 sudah terjadi peningkatan yang signifikan sebesar 46% . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIB SMPN I Wulandoni Tahun Ajaran 2022/2023.
Kata Kunci : Model Pembelajaran,Kooperatif Tipe STAD,Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
DOMINIKA DANA BOTOOR - Personal Name
|
Student ID |
1801080110
|
Dosen Pembimbing |
MARKUS UMBU K YEWANG - 196423121994031002 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
Jacob Abolla Daka - 197202102006041002 - Ketua Penguji
MARKUS UMBU K. YEWANG - 196412231994031002 - Penguji 1 Fernando Saragih - 196301271990031002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Ekonomi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.03 BOT P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |