Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran Tema 5 Pahlawanku Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan Pembelajaran 1 Untuk Meningkatkan hasil Belajar Di Kelas IV SD Negeri Oemilal Kab Rote Ndao

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran Tema 5 Pahlawanku Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan Pembelajaran 1 Untuk Meningkatkan hasil Belajar Di Kelas IV SD Negeri Oemilal Kab Rote Ndao

XML

Penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Kooperati Tipe Jigsaw ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tentang tokoh dan peninggalan pada masa kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam di Kelas IV SD Negeri Oemilal. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tes dan refleksi dengan mengambil lokasi penelitian di SD Negeri Oemilal Kabupaten Rote Ndao. Ada pun subjek penelitian ini berjumlah 14 orang dengan rincian 8 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang terkumpul dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis data yakni deskriptif kualitatif.

Penelitian ini memperoleh hasil yang menunjukan bahwa siklus I dan 14 orang terdapat 9 orang yang tuntas dengan persentase 64,28%, hasil observasi siswa 56,91%, sedangkan observasi guru sebesar 67%. Siklus II hasil tes siswa memperoleh persentase ketuntasan sebesar 85,72%, Observasi guru sebesar 85,23% dan observasi siswa sebesar 72,32%. Seluruh peserta didik tuntas karena mencapai hasil belajar yang diharapkan , yaitu aspek afektif seperti berani, santun, disiplin dan bertanggung jawab, aspek kognitif berupa pengetahuan tentang materi tokoh dan peninggalan pada masa kerajaan Hindu, Buddha dan Islam, aspek psikomotorik berupa membuat laporan peninggalan kerajaan.

Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tokoh dan peninggalan pada masa kerajaan Hindu, Buddha dan Islam kelas IV SD Negeri Oemilal Kabupaten Rote Ndao.
Kata Kunci: Kooperatif, Jigsaw, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1901140303
Dosen Pembimbing
MARKUS SAMPE - - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota, S.Pd, M.Pd - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Markus Sampe, S.Pd., M.M - - Ketua Penguji
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 1
Dr. Taty R. Koroh, S.Pd, M.Pd - 196210041988112001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 MON P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA