MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DALAM PEMBELAJARAN TEMA 3 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 2 DI SDK YASWARI NAUKAE

Detail Cantuman

Skripsi

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DALAM PEMBELAJARAN TEMA 3 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 2 DI SDK YASWARI NAUKAE

XML

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas dan memperbaiki kualitas pembelajaran serta prestasi belajar siswa kelas v dengan menerapkan model pembelajaran PBL dalam pembelajaran tema 3 subtema 1 pembelajaran 2 di SDK Yaswari Naukae. Metode penelitian yang digunakan yaitu teknik pengumpulan data yakni observasi dan tes.Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan mencari ratarata kelas pada subjek penelitian berjumlah 23 siswa, dengan rincian 9 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan prosedur penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Penelitian ini dilakukan di SDK Yaswari Naukae, dengan hasil penelitian menunjukan bahwa pada pembelajaran siklus I dari subjek 23 siswa dimana yang tuntas yaitu sebanyak 10 orang siswa dengan presentase (43,47%) sementara siswa yang yang tidak tuntas sebanyak 13 orang siswa dengan presentase (56,53%). Selanjutnya pada siklus II dari 23 siswa, yang tuntas sebanyak 22 orang siswa dengan presentase (95,65%) sementara siswa yang tidak tuntas sebanyak 1 orang siswa dengan presentase (4,35%). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning mendorong siswa untuk mempunyai kemampuan dalam proses pemecahan masalah dalam materi, mempunyai pengetahuan untuk menambah wawasan dan kemampuan bekerja sama pada saat diskusi kelompok. Sesuai hasil penelitian diatas maka diketahui bahwa penggunaan model pembelajaran PBL dalam pembelajaran tema 3 subtema 1 pembelajaran 2 sudah mencapai hasil yang signifikan dan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDK Yaswari Naukae.
Kata Kunci: Model; Pembelajaran; Problem Based Learning; Belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
YAYUK MARYATY TANOEN - Personal Name
Student ID
1901140160
Dosen Pembimbing
ANDREAS ANDE - 19621010198903 1 004 - Dosen Pembimbing 1
Sofia G.Un Lala, M.Pd - 199204302020122016 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Penguji 1
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 2
Sofia G.Un Lala - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Tan M
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA