Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam Dan Pemanfaatannya Di Kelas IV SDI Bertingkat Kelapa Lima 1 Kupang (Penelitian Kuantitatif)

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam Dan Pemanfaatannya Di Kelas IV SDI Bertingkat Kelapa Lima 1 Kupang (Penelitian Kuantitatif)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh yang signifikan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam dan pemanfaatannya di kelas IV SDI Bertingkat Kelapa Lima 1 Kupang. Rancangan Penelitiannya One group pretest posttest. Teknik pengumpulan datanya berupa teknik tes, teknik obervasi dan studi dokumentasi. Sampel penelitian dalam tes ini berjumlah 20 orang. untuk instrumen penelitiannya terlebih dahulu diuji validitasnya setelah itu diuji reliabilitasnya. Setelah itu teknik analisis datanya dilakukan melalui tahapan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis penelitian menggunakan teknik analisis paired samples test. Penelitian ini dilakukan di SDI Bertingkat Kelapa Lima 1 Kupang tepatnya di kelas IVb. Hasil perhitungan uji validitas soal menunjukan rhitung untuk masingmasing pertanyaan lebih besar dari rtable (0,444) sebanyak 25 butir soal, 20 butir soal dinyatakan valid dan 5 butir soal dinyatakan tidak valid. Hasil perhitungan reliabilitas tes hasil belajar dengan 20 butir soal menggunakan Internal Consistency adalah reliabel. Dari hasil perhitungan dengan rtabel yakni 0,918 > 0,444 sehingga instrumen penelitian dinyatakan reliabel. Berdasarkan analisis statistik, data hasil perhitungan uji normalitas menggunakan uji kolmogorov smirnov dengan data pretest 0.911 > 0,05 dan data pehitungan uji normalitas data posttest 0.759 > 0,05 maka data pretest dan posttest berdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji homogenitas menggunakan uji levene's test diperoleh nilai signifikan yaitu 0.754 > 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa data pretest dan posttest dinyatakan homogen. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t-test diperoleh thitung 11.18 > ttabel 1.729, dan untuk uji hipotesis menggunakan uji paired sample test diperoleh nilai t sebesar 11.179 dan memiliki nilai signifikansi .000, sehingga .000 < 0.05. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam dan pemanfaatannya di kelas IV SDI bertingkat kelapa lima 1 kupang. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa Ha yang berbunyi media audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDI Bertingkat Kelapa Lima 1 Kupang dinyatakan diterima. Kata Kunci : Media Audio Visual, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Penulis
Antonia Ha’e - Personal Name
Student ID
1601140146
Dosen Pembimbing
HIWA WONDA - 196201231988031001 - Dosen Pembimbing 1
FEMBRIANI - 199202132018032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
BENEDIKTUS KASA - 195706141984031001 - Ketua Penguji
Hiwa Wonda - 196201231988031001 - Penguji 1
Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Hae P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA