Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Pembelajaran Tentang Modernisasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas VI SD Negeri Sikumana 1

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Pembelajaran Tentang Modernisasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas VI SD Negeri Sikumana 1

XML

Skripsi oleh Ega Rambu Sedu Tegi, NIM 1901140116 (2023) berjudul Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Pembelajaran Tentang Modernisasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas VI SD Negeri Sikumana 1. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran tentang modernisasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas VI SD Negeri Sikumana 1. Dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN Sikumana 1 materi modernisasi melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan sebagai berikut : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tes serta refleksi. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas VI berjumlah 32 orang dengan rincian 16 laki-laki dan 16 perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Sikumana 1, dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I dari 32 siswa yang tuntas 18 orang (56,25%), tuntas karena memperhatikan penjelasan guru dengan baik, tidak mengganggu teman, mau bekerjasama dalam kelompok, berdiskusi dalam kelompok dengan baik, mau menyelesaikan LKPD, dapat melaporkan hasil diskusi di depan kelas, menangkap materi yang diajarkan dengan baik sehingga hasil tes meningkat dengan baik; dari guru, guru telah menjelaskan materi sesuai dengan isinya, membimbing siswa pada waktu berdiskusi, menjelaskan langkah-langkah diskusi kelompok, menjelaskan LKPD sesuai dengan langkah-langkahnya. Selanjutnya yang tidak tuntas 14 orang (43,75%) tidak tuntas karena tidak memperhatikan penjelasan guru dengan baik, suka mengganggu teman pada saat pembelajaran berlangsung, tidak aktif dalam berdiskusi kelompok, tidak menyelesaikan LKPD dengan baik, tidak percaya diri dalam mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas, tidak menangkap materi yang diajarkan dengan baik sehingga hasil tes rendah. Hasil penelitian pada siklus II menunjukan bahwa dari 32 siswa yang tuntas 28 orang (87,50%). Selanjutnya yang tidak tuntas 4 orang (12,50%), tidak tuntas karena tidak memperhatikan penjelasan guru dengan baik, tidak aktif dalam berdiskusi kelompok, tidak menangkap materi yang diajarkan dengan baik sehingga hasil tes rendah. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) materi modernisasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Sikumana 1.
Kata kunci: Contextual Teaching and Learning, Modernisasi, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Ega Rambu Sedu Tegi - Personal Name
Student ID
1901140116
Dosen Pembimbing
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota, S.Pd, M.Pd - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Maxsel Koro, M.Pd_NIP. 19901118 201903 1 007 - - Ketua Penguji
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 1
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 TEG P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA