Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Dengan Teknik Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X IPS SMA Plus Masa Depan Mandiri

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Dengan Teknik Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X IPS SMA Plus Masa Depan Mandiri

XML

Penelitian ini berjudul: PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X IPS SMA PLUS MASA DEPAN MANDIRI KUPANG TAHUN AJARAN 2021/2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan metode pembelajaran kooperatif Think Pair Share dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X IPS SMA Plus Masa Depan Mandiri Kupang. Serta mengetahui hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menerapkan metode pembelajaran Think Pair Share ini. Peserta didik yang merupakan responden penelitian ini adalah sebanyak 23 Peserta didik yaitu kelas X IPS.
Penelitian ini bertempat di SMA Plus Masa Depan mandiri Kupang, Kelurahan manulai 2, Kecamatan Alak, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Penelitian dilakukan dengan melakukan tes awal tentang pengetahuan dasar akan materi pelajaran ekonomi yang dilakukan dengan metode ceramah kepada 23 peserta didik kelas X IPS, dan kemudian dilanjutkan dengan pembelajaran dengan menggunakan metode Think Pair Share dan melakukan kembali tes akhir tentang pengetahuan pelajaran ekonomi.
Hasil penelitian ini diketahui hasil nilai rata-rata peserta didik saat menggunakan metode ceramah pada tes awal adalah sebesar 67,3. Dan hasil nilai rata-rata belajar peserta didik setelah menggunakan metode Think pair Share pada tes akhir adalah sebesar 86,9. Peneliti menggunakan 1 siklus dalam penelitian ini karena hasil belajar peserta didik sudah diatas standar yang ditentukan. Maka dalam penelitian ini ditemukan ada pengaruh signifikan dalam penerapan pembelajaran kooperatif dengan Teknik Think Pair Share pada hasil belajar peserta didik kelas X IPS SMA Plus Masa Depan Mandiri Kupang.

Kata Kunci: Penerapan Pembelajaran, Teknik Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1601080096
Dosen Pembimbing
MARKUS UMBU K YEWANG - 196423121994031002 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Dr. Markus U. K. Yewang, MM - 196412231994031002 - Ketua Penguji
Ari Data - 197209022003121003 - Penguji 1
ERIKA FERONIKA Br SIMANUNGKALIT - 199212222019032017 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Ekonomi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.03 RUM P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA