Pengaruh Motivasi Belajar Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMAN 2 Amarasi.

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Motivasi Belajar Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMAN 2 Amarasi.

XML

Saverinus Amsikan, judul skripsi Pengaruh motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 2 Amarasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa, pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa, dan pengaruh motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas IPS di SMAN 2 Amarasi yang berjumlah 100 orang. Sampel penelitian diperoleh melalui metode stratifiet random sampling sebanyak 81. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan pengujian statistik antara lain: analisis statistik deskriptif, statistik inferensial dan uji t. Penelitian ini menggunakan bantuan hasil olahan SPSS 22,0 2016.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial Nilai thitung variabel motivasi belajar (X1) sebesar 3.991 sedangkan ttabel 1.663 dan signifikansi 0,000. Nilai thitung > nilai ttabel (3.991> 1,663)dan signifikansi lebih kecil dari α (0,000 < 0,05) hal ini berarti variabel motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar, Nilai thitung variabel lingkungan keluarga (X2) sebesar 5.685 sedangkan ttabel 1.663 dan signifikansi 0,000. Nilai thitung > nilai ttabel (5.685>1,663) dan signifikansi lebih kecil dari α (0,000< 0,05) hal ini berarti variabel lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan secara simultan nilai Fhitung sebesar 87.968 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,11 nilai Ftabel diperoleh dengan melihat tabel titik presentase distribusi f untuk probabilitas 0,05 dengan jumlah sampel sebanyak 81 responden dan variabel independen sebanyak 2 variabel. Selain mambandingkan nilai Fhitung dan Ftabel, nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari probabilitas 0,05 menunjukan bahwa variabel independen yang terdiri motivasi belajar (X1) dan lingkungan keluarga (X2), secara bersama- sama berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen yakni hasil belajar (Y).

Kata Kunci: Motivasi, lingkungan keluarga dan hasil belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
SAVERINUS AMSIKAN - Personal Name
Student ID
1801080053
Dosen Pembimbing
MARKUS UMBU K YEWANG - 196423121994031002 - Dosen Pembimbing 1
Fernando Saragih - 199407232020121009 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Rolens E H Riwu Manu - 196101211988031001 - Ketua Penguji
MARKUS UMBU K YEWANG - 196423121994031002 - Penguji 1
Fernando Saragih - 196301271990031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Ekonomi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.03 AMS P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA