Skripsi
Penggunaan Metode Kerja Kelompok Tentang Pecahan Biasa Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Di SD Negeri Naibonat
XMLPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan pecahan biasa di kelas IV SD Negeri Naibonat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tes serta refleksi. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas IV berjumlah 27 siswa dengan rincian 11 siswa dan 16 siswi. Pengumpulan data dilakukan dengan Teknik observasi dan tes. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analis deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SD NEGERI NAIBONAT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Metode kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I nilai rata-rata kelas 6,29 meningkat menjadi 83,87 pada siklus II dengan peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 25,94. Persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I 39% meningkat menjadi 94,44% pada siklus II dengan peningkatan persentase 55,44%. Aktivitas siswa pada siklus I 58,08 menjadi 97,47 pada siklus II dengan peningkatan sebesar 39,39. maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Metode Kerja kelompok tentang pecahan biasa untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV di SD Negeri Naibonat.
Kata kunci : Meningkatkan Prestasi Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Eugenia Bendita Da costa - Personal Name
|
Student ID |
1601140245
|
Dosen Pembimbing |
WARA SABON DOMINIKUS - 196708041993031003 - Dosen Pembimbing 1
FEMBRIANI - 199202132018032001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Wara Sabon Dominikus - 196708041993031003 - Ketua Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 1 Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 COS P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |