Pengaruh Mutu Layanan Petugas SIAKAD Terhadap Tingkat Stres Mahasiswa Di Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Nusa Cendana Tahun 2022

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Mutu Layanan Petugas SIAKAD Terhadap Tingkat Stres Mahasiswa Di Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Nusa Cendana Tahun 2022

XML

Stres terjadi sebagai keadaan tertekan baik fisik maupun psikologis yang mengganjal dalam diri individu karena adanya perbedaan apa yang diharapkan dengan yang ada. Mutu pelayanan merupakan hasil evaluasi dimana pengalaman pelayanan yang dirasakan setidaknya sesuai dengan yang diharapkan. hasil observasi, masih ada keluhan dari mahasiswa terhadap pelayanan petugas Siakad, keluhan tersebut meliputi kurangnya komunikasi antara petugas akademik dengan mahasiswa, tidak diinputnya nilai, kenyamanan ruang tunggu, kecepatan pelayanan akademik, keramahan petugas akademik, pengurusan tanda tangan yang memakan waktu sampai seminggu bahkan lebih, petugas siakad yang masih kurang sehingga kewalahan ketika melayani mahasiswa yang begitu banyak. Hal ini dapat berdampak pada tingkat stress mahasiswa dalam mendapatkan layanan akademik, Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh mutu layanan petugas Siakad terhadap tingkat stres mahasiswa. Partisipan dalam penelitian ini merupakan mahasiswa prodi kesehatan masyarakat Undana Kupang yang masih aktif dan berjumlah 94 orang, teknik sampling yang digunakan yaitu stratified random sampling. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis chi square dan regresi linear. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tidak ada pengaruh mutu layanan bukti langsung terhadap tingkat stress mahasiswa dengan nilai sig 0,073>0,05. ada pengaruh mutu layanan kehandalan, daya tanggap, dan jaminan terhadap tingkat stres mahasiswa dengan nilai regresi Y=31.769-0.234X, Y=30.305-0.224X, Y=32.864-0.251X. hal ini menunjukan semakin meningkat mutu layanan maka semakin menurun stres pada mahasiswa. Ada pengaruh mutu layanan empati terhadap stres mahasiswa dengan nilai sig 0,037<0,05. saran bagi prodi untuk lebih meningkatkan mutu layanan sehingga dapat mengurangi stres yang dialami oleh mahasiswa maupun petugas.

Daftar Pustaka : 48 (1998-2022)
Kata Kunci : Mutu Pelayanan, Stres, Mahasiswa, Siakad


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ALISKA RITANNIA SANU - Personal Name
Student ID
1807010082
Dosen Pembimbing
TADEUS ANDREAS LADA REGALETHA - 197609132003121003 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Apris A Adu - 197608132001121001 - Ketua Penguji
Tadeus A. L. Regaletha - 19760913 2003121003 - Penguji 1
Muntasir - 197008162000121001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
13101
Edisi
Published
Departement
Kesehatan Masyarakat
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
132.01 SAN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA