PENGARUH FASILITAS BENGKEL DAN KONDISI FISIK SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PRAKTIKUM KAYU KELAS XI DI SMK NEGERI 1 WANUKAKA

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH FASILITAS BENGKEL DAN KONDISI FISIK SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PRAKTIKUM KAYU KELAS XI DI SMK NEGERI 1 WANUKAKA

XML

Penelitian bertujuan untuk mengetahui kondisi fasilitas bengkel, siswa, dan prestasi belajar siswa; menganalisis pengaruh fasilitas bengkel terhadap prestasi hasil belajar siswa; menganalisis pengaruh kondisi fisik terhadap prestasi hasil belajar siswa; dan menganalisis pengaruh fasilitas bengkel dan kondisi fisik siswa terhadap prestasi hasil elajar siswa di SMK Negeri 1 Wanukaka. Metode penelitian survey, diskriptif dan korelasional. Teknik sampling sampel jenuh, jumlah sampel 38 orang. Teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data dengan statistik deskriptif, korelasi, dan regresi. Hasil penelitian ditinjau dari variabel fasilitas bengkel menunjukkan 19 responden atau 50% menyatakan bahwa fasilitas bengkel yang tersedia sangat Baik, sisanya 13 orang atau 34,21% Baik, dan 6 orang atau 15,79% menyatakan Kurang Baik, Selanjutnya untuk varibel kondisi fisik siswa, menunjukkan 20 responden atau 52,63% menyatakan Sangat Baik, 11 orang atau 28,92% menyatakan baik, dan 7 orang atau 18,42% menyatakan Kurang Baik saat melakukan praktikum. Ditinjau dari pengaruh fasilitas bengkel terhadap hasil belajar siswa, membuktikan bahwa Ho diterima dan H0 ditolak pada taraf signifikansi 95% (sebesar 0,129>0,05), yang berarti bahwa variabel fasilitas bengkel berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Demikian juga untuk pengaruh kondisi fisik terhadap hasil belajar siswa, membuktikan bahwa H0 ditolak dan H0 menerima pada taraf signifikansi 95% (sebesar 0,004<0,05), yang berarti bahwa variabel kondisi fisik berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan untuk pengaruh simultan fasilitas bengkel, dan kondisi fisik terhadap hasil belajar siswa, membuktikan bahwa H0 ditolak dan H0 menerima pada taraf signifikansi 95% (sebesar 0,000<0,05) yang berarti bahwa variabel fasilitas bengkel, dan kondisi fisik berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa.

Kata kunci : Pengaruh fasilitas, kondisi fisik siswa, hasil belajar siswa


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1801110019
Dosen Pembimbing
Penguji
Paul G. Tamelan - 196702251992031001 - Ketua Penguji
Hikmah - 196104091988031002 - Penguji 1
Asrial - 196111051990031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
83205
Edisi
Published
Departement
PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
832.05 Ila P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA