Penerapan Model Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievement Division) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Tentang Tema 5 Subtema 2 Kelas V di SD Negeri Oepunu Kabupaten Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievement Division) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Tentang Tema 5 Subtema 2 Kelas V di SD Negeri Oepunu Kabupaten Kupang

XML

Skripsi oleh Renny Marsela Tunu Nim. 1901140077 Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD ( student teams Achievement Division) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia tentang tema 5 subtema 2 kelas V di SD Negeri Oepunu Kabupaten Kupang” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran tipe STAD dalam pembelajaran tema 5 subtema 2 pembelajaran 1 untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas V SD Negeri Oepunu Kabupaten Kupang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Oepunu, sebanyak 32 orang siswa. Data yang didapatkan dari metode tes selanjutnya dianalisis dengan teksnik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran pada tema 5 subtema 2 pembelajaran 1 dengan menggunakan model pembelajaran tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Oepunu Kabupaten Kupang. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa sebesar 55,06% pada kategori rendah dan meningkat menjadi 75% pada siklus II yang berada pada kategori tinggi. Terjadi peningkatan sebesar 80,41%. Jadi model pembelajaran tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 5 subtema 2 pembelajaran 1 kelas V SD Negeri Oepunu Kabupaten Kupang.
Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia dengan penerapan model kooperatif tipe STAD pada materi hubungan antar Makhluk hidup dalam Ekosistem di Kelas V SD Negeri Oepunu Kabupaten Kupang

Kata kunci : Tipe STAD, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
RENNY MARSELA TUNU - Personal Name
Student ID
1901140077
Dosen Pembimbing
MARKUS SAMPE - - Dosen Pembimbing 1
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Labu Djuli - 196207031990031002 - Ketua Penguji
MARKUS SAMPE - - Penguji 1
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 TUN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA