Skripsi
Penerapan Model Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievement Division) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Tentang Tema 5 Subtema 2 Kelas V di SD Negeri Oepunu Kabupaten Kupang
XMLSkripsi oleh Renny Marsela Tunu Nim. 1901140077 Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD ( student teams Achievement Division) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia tentang tema 5 subtema 2 kelas V di SD Negeri Oepunu Kabupaten Kupang” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran tipe STAD dalam pembelajaran tema 5 subtema 2 pembelajaran 1 untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas V SD Negeri Oepunu Kabupaten Kupang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Oepunu, sebanyak 32 orang siswa. Data yang didapatkan dari metode tes selanjutnya dianalisis dengan teksnik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran pada tema 5 subtema 2 pembelajaran 1 dengan menggunakan model pembelajaran tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Oepunu Kabupaten Kupang. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa sebesar 55,06% pada kategori rendah dan meningkat menjadi 75% pada siklus II yang berada pada kategori tinggi. Terjadi peningkatan sebesar 80,41%. Jadi model pembelajaran tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 5 subtema 2 pembelajaran 1 kelas V SD Negeri Oepunu Kabupaten Kupang.
Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia dengan penerapan model kooperatif tipe STAD pada materi hubungan antar Makhluk hidup dalam Ekosistem di Kelas V SD Negeri Oepunu Kabupaten Kupang
Kata kunci : Tipe STAD, Hasil Belajar.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
RENNY MARSELA TUNU - Personal Name
|
Student ID |
1901140077
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Labu Djuli - 196207031990031002 - Ketua Penguji
MARKUS SAMPE - - Penguji 1 PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 TUN P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |