Skripsi
Implementasi Kebijakan Penerapan Sistem Poin Dalam Mengurangi Tingkat Pelanggaran Peserta Didik Di Sd Inpres Mapoli Airnona Kota Kupang
XMLPenelitian ini dilatarbelakangi karena kenakalan peserta didik yang semakin meninggi terutama di lingkungan sekolah. Banyaknya peserta didik yang melanggar tata tertib sekolah menuntut sekolah untuk memberikan hukuman atau sebuah peringatan bagi si pelanggar. Untuk menghindari kekerasan fisik dan hukuman lain yang tidak mendidik, sekolah membuat kebijakan sistem poin. Pokok permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah 1) jenis pelanggaran apa yang dominan dilakukan oleh peserta didik SD Inpres Mapoli Airnona Kota Kupang, 2) adakah keefektifan sistem poin dalam mengurangi tingkat pelanggaran peserta didik SD Inpres Mapoli Airnona Kota Kupang , 3) manfaat apa yang diperoleh setelah sekolah menerapkan sistem poin, 4) kendalakendala apa yang dihadapi pihak sekolah dalam menerapkan sistem poin. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui jenis pelanggaran yang dominan dilakukan oleh peserta didik SD Inpres Mapoli Airnona Kota Kupang, 2) untuk mengetahui ada dan tidaknya keefektifan sistem poin dalam mengurangi tingkat pelanggaran peserta didik pada SD Inpres Mapoli Airnona Kota Kupang, 3) untuk mengetahui manfaat yang diperoleh setelah sekolah menerapkan sistem poin, 4) untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi pihak sekolah dalam menerapkan sistem poin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian di SD Inpres Mapoli Airnona Kota Kupang. Informan penelitian adalah Kepala bidang kesiswaan, kepala sekolah, perwakilan guru dan perwakilan peserta didik. Fokus penelitian ini adalah 1) penerapan sistem poin dalam tata tertib SD Inpres Mapoli Airnona Kota Kupang, 2) manfaat yang diperoleh setelah sekolah menerapkan sistem poin, 3) kendala-kendala penerapan sistem poin dalam tata tertib SD Inpres Mapoli Airnona Kota Kupang. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis interaktif fungsional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) jenis pelanggaran yang dominan dilakukan peserta didik SD Inpres Mapoli Airnona Kota Kupang adalah terlambat dan tidak masuk sekolah tanpa keterangan. Hal itu disebabkan berbagai faktor, termasuk karakter anak itu sendiri yang susah diatur, 2) penerapan sistem poin sangat efektif untuk mengurangi tingkat pelanggaran peserta didik. Pelanggaran yang dilakukan peserta didik semakin hari semakin berkurang. Pelaksanaan sistem poin baru berjalan satu tahun, jadi belum berjalan maksimal. Masih ada peserta didik yang melanggar. Tetapi walupun sedikit, sistem poin sangat berpengaruh pada perilaku peserta didik, 3) manfaat yang diperoleh setelah penerapan sistem poin adalah membuat peserta didik lebih disiplin dan ada kejelasan tentang catatan pelanggaran peserta didik. Jadi dapat memudahkan untuk pemberian peringatan, 4) kendala-kendala yang dihadapi pihak sekolah dalam penerapan xv sistem poin adalah karakter peserta didik dan kecenderungan peserta didik yang suka mengikuti trend. Selain itu juga kurangnya dukungan dari orang tua peserta didik. Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan sistem poin pada SD Inpres Mapoli Airnona Kota Kupang belum berjalan maksimal, karena masih ada peserta didik yang melanggar tata tertib. Penerapan sistem poin juga tak luput dari kendala-kendala yang dihadapi pihak sekolah. Saran penulis agar penerapan sistem poin dimusyawarahkan kembali dan dilakukan evaluasi, agar pelaksanaan tahun berikutnya bisa berjalan maksimal. Kata Kunci: Kebijakan, Sistem poin, Pelanggaran
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Pingky Yuniarty Lenggu - Personal Name
|
Student ID |
1601140258
|
Dosen Pembimbing |
HIWA WONDA - 196201231988031001 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
BENEDIKTUS KASA - 195706141984031001 - Ketua Penguji
Hiwa Wonda - 196201231988031001 - Penguji 1 Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Len I
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |