Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Aneka Benda Di Sekitarku Kelas III SD Masehi Lahi Hagalang Wanukaka Sumba Barat

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Aneka Benda Di Sekitarku Kelas III SD Masehi Lahi Hagalang Wanukaka Sumba Barat

XML

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan media video belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada materi aneka benda di sekitarku di kelas III SD Masehi Lahi Hagalang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan bentuk penelitian Quasi Experimental dengan desain Nonequivqlent Control Group Desain. Penelitian ini dilaksanakan di SD Masehi Lahi Hagalang bertepat di Jalan Pantai Wanukaka, Lahi Hagalang, Desa Weihura, Wanukaka, Sumba Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III SD Masehi Lahi Hagalang Wanukaka Sumba Barat, dengan sampel kelas IIIB yang terdiri dari 21 peserta didik sebagai kelas eksperimen (diberi perlakuan) dan kelas IIIA yang terdiri dari 23 peserta didik sebagai kelas kontrol (tanpa perlakuan). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik Non Probability Sampling dengan menggunakan teknik Sampling Jenuh. Sumber data dalam penelitian ini berupa instrument tes. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa soal yang terdiri dari saol pilihan ganda sebanyak 10 nomor, soal isian singkat sebanyak 5 nomor, dan soal uraian sebanayak 5 nomor. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, soal tes dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji-t. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji Independent Sample T-Test menunjukkan bahwa rata-rata posttest hasil belajar materi aneka benda di sekitarku kelas eksperimen yaitu 72,05, kelas kontrol yaitu 63,47, dan nilai thitung 6,354 > ttabel 2,021 sehingga H0 ditolak. Artinya, ada perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kelas eksperimen yang menggunakan media video dan kelas kontrol yang tidak menggunakan media video. Respon peserta didik terhadap penggunaan media video pembelajaran dalam proses pembelajaran pada materi aneka benda di sekitarku dalam kategori cukup baik dengan presentase 68,21. Sehingga, dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang positif penggunaan media video terhadap hasil belajar peserta didik kelas IIII SD Masehi Lahi Hagalang Wanukaka Sumba Barat.

Kata kunci: Media; Video; Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
KRISTIANA DILA ROHI - Personal Name
Student ID
1801140058
Dosen Pembimbing
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Ketua Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 ROH P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA