Skripsi
Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Aneka Benda Di Sekitarku Kelas III SD Masehi Lahi Hagalang Wanukaka Sumba Barat
XMLTujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan media video belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada materi aneka benda di sekitarku di kelas III SD Masehi Lahi Hagalang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan bentuk penelitian Quasi Experimental dengan desain Nonequivqlent Control Group Desain. Penelitian ini dilaksanakan di SD Masehi Lahi Hagalang bertepat di Jalan Pantai Wanukaka, Lahi Hagalang, Desa Weihura, Wanukaka, Sumba Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III SD Masehi Lahi Hagalang Wanukaka Sumba Barat, dengan sampel kelas IIIB yang terdiri dari 21 peserta didik sebagai kelas eksperimen (diberi perlakuan) dan kelas IIIA yang terdiri dari 23 peserta didik sebagai kelas kontrol (tanpa perlakuan). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik Non Probability Sampling dengan menggunakan teknik Sampling Jenuh. Sumber data dalam penelitian ini berupa instrument tes. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa soal yang terdiri dari saol pilihan ganda sebanyak 10 nomor, soal isian singkat sebanyak 5 nomor, dan soal uraian sebanayak 5 nomor. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, soal tes dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji-t. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji Independent Sample T-Test menunjukkan bahwa rata-rata posttest hasil belajar materi aneka benda di sekitarku kelas eksperimen yaitu 72,05, kelas kontrol yaitu 63,47, dan nilai thitung 6,354 > ttabel 2,021 sehingga H0 ditolak. Artinya, ada perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kelas eksperimen yang menggunakan media video dan kelas kontrol yang tidak menggunakan media video. Respon peserta didik terhadap penggunaan media video pembelajaran dalam proses pembelajaran pada materi aneka benda di sekitarku dalam kategori cukup baik dengan presentase 68,21. Sehingga, dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang positif penggunaan media video terhadap hasil belajar peserta didik kelas IIII SD Masehi Lahi Hagalang Wanukaka Sumba Barat.
Kata kunci: Media; Video; Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
KRISTIANA DILA ROHI - Personal Name
|
Student ID |
1801140058
|
Dosen Pembimbing |
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Andreas Ande - 196210101989031004 - Ketua Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 1 Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 ROH P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |