Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Melalui Model Pembelajaran Somatic Auditory Visual Intellektual (SAVI) Bagi Siswa Kelas V SD Negeri Ohendak Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Melalui Model Pembelajaran Somatic Auditory Visual Intellektual (SAVI) Bagi Siswa Kelas V SD Negeri Ohendak Kupang

XML

Skripsi oleh Mardiana Mure, NIM: 1601140085, PGSD 2023 denganjudul “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Peristiwa KebangsaanMasa Penjajahan Melalui Model Pembelajaran Somatic Auditory VisualIntellektual (SAVI) Bagi Siswa Kelas V SD Negeri Oehendak Kupang”.Rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimana meningkatkan hasilbelajar IPS tentang peristiwa kebangsaan masa penjajahan melalu modelpembelajaran Somatic Auditory Visual Intellektual (SAVI) bagi kelas V SDNegeri Oehendak Kupang ? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkanhasil belajar IPS tentang Peristiwa kebangsaan masa penjajahan denganmenggunakan model pembelajaran Somatic Auditory Visual Intellektual(SAVI) bagi siswa kelas V-A SD Negeri Oehendak Kupang.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapansebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, denganmengambil lokasi di kelas V-A SD Negeri Oehendak Kupang. Adapunsubjek penelitian ini adalah siswa kelas V-A berjumlah 28 orang, yangterdiri dari 12 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Teknikpengumpulan data dilakukan dengan penggunaan lembar observasi untukmencatat aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran dan tes evaluasiuntuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa yang dilaksanakan dalam 2siklus. Persentase pada siklus I dari 28 siswa yang mencapai KKM adalah17 orang siswa (60,71%) dengan nilai rata-rata 67,57. Pada siklus ke IImeningkat menjadi (92,85%) dengan rata-rata nilai 83,10. Hal ini berartiketuntasan dalam kelas tersebut telah mencapai target.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan modelpembelajaran Somatic Auditory Visual Intellektual (SAVI) terbuktimengalai peningkatan dalam hasil belajar siswa. Keaktifan siswa padasiklus I 63,83% dengan kategori baik dan mengalami peningkatan padasiklus II yaitu 85,14 dengan kategori sangat baik. Begitu juga dengan hasiltes belajar kognitif pada siswa siklus I dengan perolehan hasil ketuntasanklasikal 60% dengan kategori cukup dan mengalami peningkatan lagi padasiklus II dengan nilai ketuntasan klasikal 90% dengan kategori sangat baik.Dengan demikian indikator keberhasilan yang ditentukan sudah terjawab.Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaranSomatic Auditory Visual Intellektual (SAVI) yang dapat meningkatkan hasilbelajar siswa dalam materi peristiwa kebangsaan masa penjajahan bagisiswa kelas V-A SD Negeri Oehendak Kupang.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan, Model
Pembelajaran Somatic Auditory Visual Intellektual (SAVI).


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Mardiana Mure - Personal Name
Student ID
1601140085
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Kontributor
Frans Mure - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 COS P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA