Peningkatan Hasil Belajar Tentang Sumber Energi Melalui Model Pembelajaran Make A Match Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri Oehendak Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Peningkatan Hasil Belajar Tentang Sumber Energi Melalui Model Pembelajaran Make A Match Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri Oehendak Kupang

XML

Skripsi oleh Yuliana Adiningsih Kosat. 2023. Peningkatan Hasil BelajarTentang Sumber Energi Melalui model Pembelajaran Make A Match Bagi Siswakelas IV SD Negeri Oehendak Kupang. Rumusan masalah dalam penelitian iniadalah Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber energmelalui model pembelajaran Make A Match Bagi Siswa kelas IV SD NegeriOehendak Kupang ?. pemecahan masalah dalam penelitian ini adalah denganmerancang proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran MakeA Match. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswatentang materi sumber energi melalui model pembelajaran Make A Match BagiSiswa kelas IV SD Negeri Oehendak Kupang.Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelayang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD NegeriOehendak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes hasilbelajar. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis secara deskriptifkualitatif.Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakamodel pembelajaran Make A Match terbukti mengalami peningkatan hasil belajarsiswa. Hasil penelitian menunjuan bahwa (1) Keterampilan guru pada siklus Idiperoleh skor sebesar 67 dengan rata-rata mencapai 79,75% yang berkategoribaik, pada siklus II dengan jumlah skor sebesar 81 dengan rata-rata mencapai92,04% yang berkategori sangat baik, (2) Keaktifan siswa pada siklus I diperoleskor sebesar 775 dengan rata-rata mencapai 62,09% yang berkategori baik, padasiklus II diperoleh skor sebesar 1.174 dengan rata-rata mencapai 94,07%berkategori baik sekali, (3) Hasil belajar siswa pada siklus I, diperoleh skorsebesar 1400 dengan rata-rata mencapai 58,33% dan dengan ketuntasan sebesar50%. Pada siklus II, diperoleh skor sebesar 2160 dengan rata-rata mencapai 90%dengan ketuntasan mencapai 91,66%. Maka dapat disimpulkan bahwapenggunaan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajarsiswa pada materi sumber energi di kelas IV SD Negeri Oehendak Kupang.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Make A Match, Hasil Belajar, Sumber Energi


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Yuliana Adiningsih Kosat - Personal Name
Student ID
1601140090
Dosen Pembimbing
Netty E. A. Nawa- 9900007798 - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 COS P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA