PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA TEMA 6 CITA-CITAKU, SUB TEMA I , PEMBELAJARAN I, UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD NEGERI DENDENG KABUPATEN KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA TEMA 6 CITA-CITAKU, SUB TEMA I , PEMBELAJARAN I, UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD NEGERI DENDENG KABUPATEN KUPANG

XML

Rumusan masalah “bagaimana Penerapan melalui model pembelajaran Make a Match dalam pembelajaran pada tema 6 cita-citaku, subtema 1, pembelajaran 1, untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri Dendeng Kabupaten Kupang?”. Tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 6 cita-citaku, subtema 1, pembelajaran 1, melalui model pembelajaran Make a Match di kelas IV SD Negeri Dendeng Kabupaten Kupang. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi, tes dan studi dokumentasi, dengan subjek penelitian sebanyak 20 orang siswa. Teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif dengan mencari presentse dari data yang telah dikumpulkan dan kemudian diklasifikasikan kedalam perumusan yang telah ditetapkan. Penelitian ini dilaksanakan dilaksanakan di SD Negeri Dendeng Kabupaten Kupang dengan hasil penelitian menunjukan bahwa siklus I dari jumlah siswa 20 orang yang tuntas 7 orang (35%). Keberhasilan dari 7 orang siswa karena dapat memperhatikan penjelasan guru, mengerjakan LKPD secara kelompok dengan baik dan tidak bermain di dalam kelas. Sedangkan 13 orang tidak tuntas (65%) ketidakberhsilan belajara siswa tersebut kurangnya perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran serta kurangnya media yang menarik siswa tentang pembelajaran tema 6 sub tema 1 pembelajaran 1. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas 20 orang dengan presentase 100%, Karena telah menguasai materi dan menjawab soal tes dengan benar. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pada tema 6 subtema 1 pembelajaran 1 melalui model Make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal ini terbukti dengan terjadinya peningkatan nilai maksimal ketuntasan yang ada pada siklus II yakni 100% dengan demikian penerapan model pembelajaran Make a match sangat efektif.
Kata Kunci : Model Make a match, Cita-citaku, Hasil belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
DERICK IMANUEL DIMA - Personal Name
Student ID
1901140004
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Netty E. A. Nawa, S.Pd, M.Pd - 9900007798 - - Penguji 1
Dr. Taty R. Koroh, S.Pd, M.Pd - 196210041988112001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Dim P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA