Skripsi
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMA 4 SUB TEMA 2 PEMBELAJARAN 1 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD INPRES EKPULEN NIKI-NIKI
XMLSkripsi oleh Esri Sumita Tlonaen, 1901140026 (2023) berjudul
“Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam
pembelajaran tema 4 sub tema 2 pembelajaran 1 untuk meningkatkan hasil belajar
siswa kelas IV SD Inpres Ekpulen Niki-niki” Kecamatan Amanuban Tengah
Kabupaten Timor Tengah Selatan. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini
adalah Bagaimana penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning
(PBL) dalam pembelajaran tema 4 subtema 2 pembelajaran 1 untuk meningkatkan
hasil belajar siswa kelas IV SDI Ekpulen Niki-niki? Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Problem
Based Learning dalam pembelajaran tentang tema 4 subtema 2 pembelajaran 1 di
kelas IV SD Inpres Ekpulen Niki-niki. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi dan tes. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Inpres
Ekpulen Niki-niki yang berjumlah 25 orang yakni 15 laki-laki dan 10 perempuan.
Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Ekpulen Niki-niki Kabupaten
Timor Tengah Selatan dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa pada
kegiatan pra-siklus dari 25 orang yang tuntas 6 orang (24%) tuntas karena
memperhatikan penjelasan guru, mampu mengerjakan tes yang diberikan guru dan yang tidak tuntas 19 orang (76%) tidak tuntas kurangnya bimbingan dari guru dan guru belum menguasai kelas sehingga menyebabkan siswa suka bermain, siswatidak memperhatikan penjelasan guru. Siklus I dari 25 orang yang tuntas 9 orang(36%), tuntas karena guru membimbing siswa dengan baik, guru menguasai kelas sehingga siswa memperhatikan penjelasan materi pembelajaran, dapat mengerjakan LKPD, menanggapi pertanyaan guru dan menyampaikan pertanyaan setelah mendengarkan materi pembelajaan dengan baik dan media membantu memudahkan pemahaman siswa tentang materi, yang tidak tuntas 16 orang (64%), tidak tuntas karena kurangnya bimbingan dari guru dan guru belum menguasai kelas sehingga menyebabkan siswa suka bermain, belum mengerjakan LKPD dengan benar. SiklusII yang tuntas 23 orang (92%) tuntas karena guru membimbing siswa dengan baik, guru menguasai kelas sehingga siswa memperhatikan penjelasan guru, mampumengerjakan LKPD dengan bener, siswa mampu menjawab pertanyaan dari guru, siswa mampu memberikan pertanyaan ketika mendengarkan pemaparan materi melalui media pembelajaran, dan juga siswa mampu mengerjakan soal evaluasi dengan baik. Yang tidak tuntas 2 (8%) guru memberikan perhatian dan bimbingan khusus serta memberikan remidial pada siswa yang belum tuntas.Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning pada pembelajaran tema 4 subtema 2 pembelajaran 1 dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Niki-niki. Hal ini dibuktikan dengan hasil siklus I 9 orang (36%) yang tuntas dan siklus II 23 orang (92%) yang tuntas.
Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Pembelajaran Tematik,
dan Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
ESRI SUMITA TLONAEN - Personal Name
|
Student ID |
1901140026
|
Dosen Pembimbing |
ANGELIKUS NAMA KOTEN - 196109161987021001 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - NIDK 8821723420 - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Angelikus Nama Koten - 196109161987021001 - Penguji 1 Treesly Y. N. Adoe - NIDK 8821723420 - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Tlo P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |