Skripsi
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Head Together Bagi Siswakelas IV SDN Amnaupah Kab. TTU
XMLTujuan dari Skripsi ini yakni untuk dapat mengetahui bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 5 Pahlawanku Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan pembelajaran 1 dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together bagi siswa yang ada di kelas IV SDN Amnaupah Kab. TTU pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan dalam hasil penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas ini mempunyai empat tahapan dalam penelitian yakni Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi serta Refleksi. Pada penelitian ini teknik analisis data yang digunakan peneliti untuk penelitian ini yakni dengan mencari rata-rata hasil belajar siswa melalui beberapa lembar observasi dan tes di kelas pada subjek penelitian yang berjumlah 18 orang siswa, dengan rincian 9 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan.
Penelitian ini dilakukan di SDN Amnaupah Kab. TTU dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together yang dapat membantu peneliti melaksanakan penelitian pada tema 5 Pahlawanku Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan, dengan hasil penelitian menunjukan bahwa pada pembelajaran siklus I dari subjek penelitian yang berjumlah 18 orang siswa dimana yang tuntas atau memenuhi standar KKM yang telah ditentukan 70 yakni sebanyak 4 orang siswa (22,2%) sementara siswa yang tidak tuntas sebanyak 14 orang siswa (77,8%). Selanjutnya pada siklus II dari 18 orang siswa, yang tuntas sebanyak 18 orang siswa (100%). Sesuai dengan hasil penelitian ini maka diketahui bahwa penggunaan dan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dalam pembelajaran tema 5 Pahlawanku subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan pembelajaran I terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Amnaupah. Dari hasil penelitian ini dapat dijelaskan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together dapat diterapkan dalam pembelajaran yang akan dilakukan peneliti selanjutnya.
Kata Kunci: Model; Pembelajaran; Numbered Head Together
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
JEFRIYANI NOFRI USBOKO - Personal Name
|
Student ID |
1901140069
|
Dosen Pembimbing |
ANDREAS ANDE - 19621010198903 1 004 - Dosen Pembimbing 1
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Andreas Ande - 196210101989031004 - Ketua Penguji
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Penguji 1 Angelikus Nama Koten - 196109161987021001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 USB M
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |