Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Head Together Bagi Siswakelas IV SDN Amnaupah Kab. TTU

Detail Cantuman

Skripsi

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Head Together Bagi Siswakelas IV SDN Amnaupah Kab. TTU

XML

Tujuan dari Skripsi ini yakni untuk dapat mengetahui bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 5 Pahlawanku Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan pembelajaran 1 dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together bagi siswa yang ada di kelas IV SDN Amnaupah Kab. TTU pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan dalam hasil penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas ini mempunyai empat tahapan dalam penelitian yakni Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi serta Refleksi. Pada penelitian ini teknik analisis data yang digunakan peneliti untuk penelitian ini yakni dengan mencari rata-rata hasil belajar siswa melalui beberapa lembar observasi dan tes di kelas pada subjek penelitian yang berjumlah 18 orang siswa, dengan rincian 9 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan.
Penelitian ini dilakukan di SDN Amnaupah Kab. TTU dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together yang dapat membantu peneliti melaksanakan penelitian pada tema 5 Pahlawanku Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan, dengan hasil penelitian menunjukan bahwa pada pembelajaran siklus I dari subjek penelitian yang berjumlah 18 orang siswa dimana yang tuntas atau memenuhi standar KKM yang telah ditentukan 70 yakni sebanyak 4 orang siswa (22,2%) sementara siswa yang tidak tuntas sebanyak 14 orang siswa (77,8%). Selanjutnya pada siklus II dari 18 orang siswa, yang tuntas sebanyak 18 orang siswa (100%). Sesuai dengan hasil penelitian ini maka diketahui bahwa penggunaan dan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dalam pembelajaran tema 5 Pahlawanku subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan pembelajaran I terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Amnaupah. Dari hasil penelitian ini dapat dijelaskan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together dapat diterapkan dalam pembelajaran yang akan dilakukan peneliti selanjutnya.
Kata Kunci: Model; Pembelajaran; Numbered Head Together


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
JEFRIYANI NOFRI USBOKO - Personal Name
Student ID
1901140069
Dosen Pembimbing
ANDREAS ANDE - 19621010198903 1 004 - Dosen Pembimbing 1
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Ketua Penguji
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Penguji 1
Angelikus Nama Koten - 196109161987021001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 USB M
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA