Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Statistika Di Kelas VIIIB SMP Negeri 5 Ruteng

Detail Cantuman

Skripsi

Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Statistika Di Kelas VIIIB SMP Negeri 5 Ruteng

XML

Permasalahan pembelajaran Matematika di kelas VIII B SMP Negeri 5 Ruteng, khususnya dalam materi statistika yaitu minat belajar siswa yang belum cukup baik sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan model pembelajaran yang kurang menarik dan bervariasi, sehingga antusias siswa dalam belajar rendah. Siswa menjadi cenderung tidak aktif dalam proses pembelajaran.. Rendahnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran menyebabkan minat belajar dan hasil belajar yang rendah pula.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keefektifan serta keberhasilan atau rata-rata kemampuan siswa pada pembelajaran Matematika menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi Statistika. Jenis penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas. Dalam PTK ini terdapat 2 siklus yaitu siklus I (2 pertemuan) dan siklus II (1 pertemuan). Subjek penelitian ini adalah 23 siswa kelas VIIIB. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa, lembar observasi, lembar angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian berupa data kualitatif.
Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa telah mengalami peningkatan dari 61 pada siklus I dan siklus II 72 serta minat belajar siswa juga telah mengalami peningkatan dari 56,26% pada siklus I dan siklus II 77% sehingga terjadi peningkatan hasil belajar 37,66 maka dikategorikan tuntas dan untuk minat belajar terjadi peningkatan 20,74%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL sangat efektif karena dengan model pembelajaran Problem Based Learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar dan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika pada materi Statistika Kelas VIIIB SMP Negeri 5 Ruteng.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Minat Belajar, Problem Based Learning


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
YOANA FRANSISKA SURYANTI - Personal Name
Student ID
1801030065
Dosen Pembimbing
Christine K Ekowati - 196409171990032001 - Dosen Pembimbing 1
Ofirenty E. Nubatonis - 19861029 201903 2 010 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Christine K. Ekowati - 19640917199003012001 - Ketua Penguji
Ofirenty Elyada Nubatonis,M.Pd- 19861029 201903 2 010 - - Penguji 1
Juliana M H Nenohai - 196407021993032005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 SUR K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA