Skripsi
KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT (PUSKESMAS) PENFUI KECAMATAN MAULAFA KOTA KUPANG
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan kesehatandi Pusat Kesehatan Masyarakat ( Puskesmas ) Penfui Kecamatan Maulafa KotaKupang. Penelitian ini menggunakan teori yang dikemukakan oleh (Supriyono 2003)mengenai 6 dimensi kualitas pelayanan publik yaitu , Tepat, Terjangkau, DapatMenjamin Rasa Keadilan, Dapat Diterima, Efisien, Efektif. Penelitian inimenggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan penelitian berjumlah 16orang. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasildari penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kualitas pelayanan kesehatan diPuskesmas Penfui Kecamatan Maulafa Kota Kupang sudah cukup baik. Tetapi masihada beberapa hal yang menjadi penghambat dan kurang memuaskan bagi pasien yaitudari segi Terjangkau meskipun Puskesmas Penfui sudah berada di tepi jalan dan jugasudah beraspal namun Puskemas Penfui tidak memiliki tempat parkir sendiri,halaman parkir Puskesmas Penfui masih menggunakan halaman rumah masyarakat.Dari segi Dapat Menjamin Rasa Keadilan, masih terjadinya sistemmendahulukan kekeluargaan dalam memberikan pelayanan kesehatan. Dan yangterakhir dari segi Dapat Diterima, kenyamanan pelayanan di Puskesmas Penfui belumterlalu baik, hal ini dikarenakan tempat untuk menunggu antrian di bagian dalam itumasih sangat terbatas dan ruangannya juga kurang memadai sehingga masyarakatmerasa kurang puas. Maka dari itu untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatandi Pusat Kesehatan Masyarakat ( Puskesmas ) Penfui Kecamatan Maulafa KotaKupang, adalah pihak puskesmas harus menyediakan lahan kosong di sebelahbangunan Puskesmas agar dapat dijadikan tempat parkir sehingga tidak lagimenggunakan halaman rumah masyarakat, dari segi dapat menjamin rasa keadilankepala puskesmas selaku pemimpin harus lebih tegas dalam memberikan tegurankepada petugas pelayanan yang masih mendahulukan sistem kekeluargaan dalammemberikan pelayanan, dan yang terakhir mungkin pihak puskesmas harus bisamembenahi ruang tunggu di bagian dalam agar pelayanan bisa berjalan lebihmaksimal.
xi
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan Dan Puskesmas Penfui
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
DEO GRATIO P. A. BATTU WONG - Personal Name
|
Student ID |
1903010182
|
Dosen Pembimbing |
PETRUS KASE - 196208091988031002 - Dosen Pembimbing 1
ADRIANA RODINA FALLO - 197403062009122001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Petrus Kase - 196208091988031002 - Ketua Penguji
Adriana Rodina Fallo - 197403062009122001 - Penguji 1 William Djani - 196410141989011001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
63201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
ILMU ADMINISTRASI NEGARA
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
632.11 WON K
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |