Skripsi
Analisis Pengendalian Kualitas Produk Tahu Pada Pabrik Tahu Barokah Di Kelurahan Manutapen Kota Kupang
XMLTujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengendalian kualitas produk tahu pada pabrik Tahu Barokah untuk membuat tahu yang diproduksi lebih baik dan berkualtas, serta untuk mengetahui dan menjelaskan faktor penyebab cacat produk pada pabrik Tahu Barokah. Dengan menggunakan metode analisis yaitu menggunakan metode diagram pareto dan fishbone untuk menganalisis faktor-faktor penyebab produk cacat pada pabrik Tahu Barokah. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dokumentasi dan kuisioner. Dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan data yang bersifat kualitatif akan dianalisis secara deskriptif yaitu pada sejarah, gambaran dari produk tahu dan gambaran perusahaan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah diagram pareto dan fishbone, langkah selanjutnya mencari faktor-faktor yang menjadi faktor penyebab terjadinya kerusakan pada produk dan selanjutnya disusun sebuah usulan perbaikan. Hasil dari penelitian ini bahwa perusahaan memproduksi tahu sebanyak 100 papan setiap hari, dan menunjukan bahwa pengendalian mutu produk yahu pada Pabrik Tahu Barokah masih ada yang belum terkendali pada bulan Januari- Desember, terdapat 2 Jenis kecacatan yaitu kecacatan pada tekstur dari produk tahu dengan jumlah 575 papan atau 6,38% dan kecacatan pada warna dari produk tahu. Dengan jumlah 461 papan atau 5,48%. Sesuai analisis diagram pareto dan diagram fishbone yang menjadi prioritas perbaikan adalah pada tekstur dari produk tahu dan pada warna dari produk tahu yang cacat dengan jumlah paling sering mengalami kecacatan produk dari hasil penelitian, dan faktor faktor yang menjadi penyebab kecacatan produk ini adalah manusia, metode dan mesin dan peralatan serta metode kerja. Namun masalah tersebut dapat dipecahkan dengan menggunakan diagram pareto dan diagram sebab akibat atau fishbone sehingga perusahaan dapat melakukan tindakan perbaikan dengan tepat.
Kalimat Kunci : Pengendalian, kualitas produk, Kerusakan produk
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
ELIZABETH RATU EDA - Personal Name
|
Student ID |
1903020186
|
Dosen Pembimbing |
LUKAS J B B HATTU - 196106261988031002 - Dosen Pembimbing 1
ERNA ERYANI GIRI - 196112201988032002 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Lukas J B B Hattu - 196106261988031002 - Ketua Penguji
Erna Eryani Giri - 196112201988032002 - Penguji 1 YOHANIS S. SARONG - 196406151990031005 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
63211
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Administrasi Bisnis
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
632.11 EDA A
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |