Skripsi
Efektivitas Penggunaan Model Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Oebali Kabupaten Kupang
XMLSkripsi ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan signifikan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Oebali Kabupaten Kupang pada tema 6 subtema 2 pembelajaran 1 sebelum dan setelah pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Oebali tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 11 orang, dengan menggunakan teknik sampling jenuh sehingga semua populasi dijadikan sampel penelitian.
Penelitian ini menggunakan metode Pre-eksperimental design dengan bentuk desain One Group Protest-Posstest design menggunakan satu kelompok sampel yang diberikan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes sebagai jenis instrumen dengan teknik pengumpulan data seperti observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen tes pada penelitian ini dilakukan uji validitas dan reliabilitas instrument sebelum digunakan dalam penelitian.Hasil uji normalitas hasil belajar dari pretest-posttest didapatkan nilai signifikan sebesar 0,984 > 0,05 sehingga data berdistribusi normal, selanjutnya hasil uji homogenitas menunjukan (sig) Levene’s sebesar 0,055 > 0,05 sehingga data yang diperoleh bersifat homogen. Hasil pengujian hipotesis, menggunakan paired sample T-test menunjukan bahwa nilai t Hitung = 8,372 > t Tabel = 2,228 dan nilai sig. (2-tailed) dari nilai pretest dan posttest yaitu 0,000 < 0,05 dengan demikian maka hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe STAD efektif terhadap hasil belajar siswa.
Kata kunci : hasil belajar, model kooperatif tipe STAD, penelitian kuantitatif
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
RIBOB PETRUS MOOY - Personal Name
|
Student ID |
1901140363
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Ketua Penguji
MARKUS SAMPE - - Penguji 1 Angelikus Nama Koten - 196109161987021001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 MOO E
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |