Efektivitas Penggunaan Model Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Oebali Kabupaten Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Efektivitas Penggunaan Model Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Oebali Kabupaten Kupang

XML

Skripsi ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan signifikan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Oebali Kabupaten Kupang pada tema 6 subtema 2 pembelajaran 1 sebelum dan setelah pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Oebali tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 11 orang, dengan menggunakan teknik sampling jenuh sehingga semua populasi dijadikan sampel penelitian.
Penelitian ini menggunakan metode Pre-eksperimental design dengan bentuk desain One Group Protest-Posstest design menggunakan satu kelompok sampel yang diberikan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes sebagai jenis instrumen dengan teknik pengumpulan data seperti observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen tes pada penelitian ini dilakukan uji validitas dan reliabilitas instrument sebelum digunakan dalam penelitian.Hasil uji normalitas hasil belajar dari pretest-posttest didapatkan nilai signifikan sebesar 0,984 > 0,05 sehingga data berdistribusi normal, selanjutnya hasil uji homogenitas menunjukan (sig) Levene’s sebesar 0,055 > 0,05 sehingga data yang diperoleh bersifat homogen. Hasil pengujian hipotesis, menggunakan paired sample T-test menunjukan bahwa nilai t Hitung = 8,372 > t Tabel = 2,228 dan nilai sig. (2-tailed) dari nilai pretest dan posttest yaitu 0,000 < 0,05 dengan demikian maka hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe STAD efektif terhadap hasil belajar siswa.
Kata kunci : hasil belajar, model kooperatif tipe STAD, penelitian kuantitatif


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
RIBOB PETRUS MOOY - Personal Name
Student ID
1901140363
Dosen Pembimbing
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 1
MARKUS SAMPE - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Ketua Penguji
MARKUS SAMPE - - Penguji 1
Angelikus Nama Koten - 196109161987021001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 MOO E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA