Penggunaan Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share Dalam Pembelajaran Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku Pembelajaran 1 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas IV SDK Kristus Raja Baun

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share Dalam Pembelajaran Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku Pembelajaran 1 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas IV SDK Kristus Raja Baun

XML

Skripsi oleh Yosep Leki Kromenuhu, Nim : 1601140142, PGSD 2016 berjudul Penggunaan Model Pembelajaran tipe Think Pair Share dalam Pembelajaran Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Sub Tema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku Pembelajaran 1 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas IV SDK Kristus Raja Baun. Rumusan Masalah penelitian ini adalah Bagaimana penggunaan model pembelajaran tipe Think Pair Share dalam Pembelajaran Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku Pembelajaran Ke 1 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas IV SDK Kristus Raja Baun? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa tentang Penggunaan Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share Pada Pembelajaran Kelas IV SDK Kristus Raja Baun. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam beberapa siklus atau tahap, melalui perencanaan, pelaksanaan, observasi, tes dan refleksi. Subyek pada penelitaian ini difokuskan pada siswa-siswi kelas IV SDK Kristus Raja Baun, yang berjumlah 25 orang, dengan rincian 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan dan seorang guru/peneliti. Teknik pengumpulan data pada penelitian yaitu teknik observasi, teknik tes dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu data hasil observasi dan penelitian hasil tes.
Penelitian ini diadakan di Sekolah Dasar Katolik Kristus Raja Baun Kecamatan Amarasi Barat Kabupaten Kupang. Hasil observasi pada penelitian ini guru mengalami peningkatan dimana pada siklus I aktivitas guru diperoleh skor 15,5 dengan nlai yang diperoleh 64,58. Sedangkan pada siklus II aktivitas guru diperoleh skor 21,5 dengan nilai yang diperoleh 89,58. Berdasarkan hasil siklus 1 dan siklus II dapat disimpulkan bahwa hasil observasi guru mengalami peningkatan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model Think Pair and Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I nilai rata-rata kelas adalah 64,20 meningkat menjadi 85,00 pada siklus II. Hal ini berarti terdapat peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II yaitu 20,80. Presentase ketuntasan belajar klasikal adalah 40% pada siklus I dengan peningkatan presentase 100% pada siklus II peningkatan presentase sebesar 60%. Aktivitas siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 64,49 menjadi 84,24 pada siklus II dengan peningkatan sebesar 19,82. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair dan Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDK Kristus Raja Baun.

Kata Kunci: Model Think Pair and Share, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
YOSEP LEKI KROMENUHU - Personal Name
Student ID
1601140142
Dosen Pembimbing
Silvester Taneo - - Dosen Pembimbing 1
Maxel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Silvester Taneo - - Penguji 1
maxel koro - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 KRO P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA