Tesis
PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PADA SMP NEGERI SE- KECAMATAN KUPANG TENGAH KABUPATEN KUPANG PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR
XMLPenelitian ini dilakukan berdasarkan pengamatan dan wawancara yang menjelaskan bahwa tidak semua guru SMP Negeri se-Kecamatan Kupang Tengah memiliki kemampuan dan keterampilan dalam mengembangkan kreativitas peserta didik.Ada 47 orang guru atau 60% dari 72 guru PNS yang kurang mempersiapkan perencanaan pembelajaran dengan baik. Rumusan dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah supervisi kepala sekolah, motivasi kerja dan budaya sekolah, secara parsial berpengaruh terhadap kinerja guru SMP Negeri se-kecamatan Kupang Tengah ? 2) Apakah supervisi kepala sekolah, motivasi kerja dan budaya sekolah secara simultan berpengaruh terhadap kinerja guru pada SMP Negeri Se-Kecamatan Kupang Tengah? Sampel dalam penelitian inimenggunakan sampel jenuh yakni 72 orang guru PNS se-Kecamatan Kupang Tengah. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner, wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial.
Hasil analisis deksriptif menujukkan bahwa variabel supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru termasuk kategori sedang,motivasi kerja terhadap kinerja guru termasuk kategori kuat, sedangkan budaya sekolah terhadap kinerja guru termasuk kategori sangat kuat. Hasil uji parsial variabel supervisi kepala sekolah (X1), variabel motivasi kerja (X2), dan variabel budaya sekolah (X3) mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja guru (Y) sebagai variabel terikat. Hasil Uji Simultan menunjukkan bahwa secara simultan variabel supervisi kepala sekolah (X1), motivasi kerja (X2), dan budaya sekolah (X3), secara signifikan berpengaruh terhadap kinerja guru SMP Negeri se-kecamatan Kupang Tengah(Y). Hasil uji koefisien determinasi menjelaskan bahwa 72,5 % kinerja guru dipengaruhi atau merupakan kontribusi secara simultan dari variabel supervisi kepala sekolah, motivasi kerja, dan budaya sekolah, sedangkan sisanya 27,5 % merupakan kontribusi dari variabel yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Saran dalam penelitian ini adalah: perlu adanya peningkatan karakter profesional dan sifat-sifat individu guru yang berdedikasi, pemotivasi, berkreatif dan berkolaborasi yang dapat menciptakan suasana psikologis kelas yang nyaman, iklim pembelajaran yang kondusif (menarik), motivasi dan gairah belajar peserta didik yang tinggi.
Kata Kunci: Supervisi Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Budaya Sekolah, dan Kinerja Guru.
Detail Information
Item Type |
Tesis
|
---|---|
Penulis |
Stepanus Kopongbutu Wotan - Personal Name
|
Student ID |
2111060001
|
Dosen Pembimbing |
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Dosen Pembimbing 1
LAURENSIUS P SAYRANI - 197802052006041001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Ketua Penguji
Paulus Taek - 19600626 1995121001 - Penguji 1 Andreas Ande - 196210101989031004 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87120
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan IPS
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
871.20 Wot P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |