PENGARUH KEAKTIFAN BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR, KEYAKINAN DIRI (SELF EFFICACY) DAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA TAHUN AKADEMIK 2021/2022

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH KEAKTIFAN BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR, KEYAKINAN DIRI (SELF EFFICACY) DAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA TAHUN AKADEMIK 2021/2022

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan belajar, kemandirian belajar, keyakinan diri (self-efficacy), dan kemampuan metakognitif terhadapa indeks prestasi kumulatif mahasiswa prodi pendidikan matematika. Penelitian ini termasuk penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif prodi pendidikan matematika Undana tahun akademik 2021/2022 dengan sampe dipilih secara random 1 angkatan yaitu angkatan 2019. Instrument yang digunakan adalah angket keaktifan belajar, angket kemandirian belajar, angket keyakinan diri dan angket kemampuan metakognitif mahasiswa. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan regresi linear berganda menggunakan SPSS 25.Hasil penelitian diperoleh Terdapat pengaruh yang signifikan keaktifan belajar terhadap indeks prestasi kumulatif. Dari hasil analisis diketahui bearnya nilai ttabel 1,66256. Sementara thitung diperoleh 2,354 Sehingga hasil analisisnya thitung < ttabel = 2,354 > 1,66256, dengan nilai signifikan 0,021 < 0,05. Tidak terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap indeks prestasi kumulatif. Dari hasil analisis diketahui bearnya nilai ttabel 1,66256. Sementara thitung diperoleh -0,868. Sehingga hasil analisisnya thitung < ttabel = -0,868 < 1,66256, dengan nilai signifikan 0,388 > 0,05. Tidak terdapat pengaruh yang signifikan keyakinan diri terhadap indeks prestasi kumulatif. Dari hasil analisis diketahui bearnya nilai ttabel 1,66256. Sementara thitung diperoleh 0,666. Sehingga hasil analisisnya thitung < ttabel = 0,666 < 1,66256, dengan nilai signifikan 0,508 > 0,05.Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan metakognitif terhadap indeks prestasi kumulatif. Dari hasil analisis diketahui bearnya nilai ttabel 1,66256. Sementara thitung diperoleh 2,193. Sehingga hasil analisisnya thitung > ttabel = 2,193 > 1,66256, dengan nilai signifikan 0,031 < 0,05. Sedangkan Secara bersama-sama terdapat pengaruh yang signifikan keaktifan belajar, kemandirian belajar, keyakinan diri, kemampuan metakognitif terhadap indeks prestasi kumulatif. Dari hasil analisis diketahui bearnya nilai fhitung diperoleh 4,283. dengan nilai signifikan 0,003 < 0,05.

Kata kunci: analisis regresi linear berganda, indeks prestasi kumulatif, keaktifan belajar, kemandirian belajar, keyakinan diri (self-efficacy), kemampuan metakognitif.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Selvianus Kadi - Personal Name
Student ID
1801030012
Dosen Pembimbing
Christine K Ekowati - 196409171990032001 - Dosen Pembimbing 1
Patrisius A Udil - 19930911 201903 1 020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Christine K. Ekowati - 196409171990032001 - Ketua Penguji
Patrisius Afrisno Udil - 19930911 201903 1 020 - Penguji 2
Dr. Damianus D. Samo, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
472 01 Sel K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA